Valve Umumkan Lokasi The International 12, Kembali ke Seattle Setelah 6 Tahun

Turnamen tertinggi Dota 2 kemballi memilih Amerika Serikat sebagai tuan rumah, apa alasannya?

Valve akhirnya resmi mengumumkan lokasi dan jadwal The International 12 (TI 12). Kejuaraan dunia untuk skena esports Dota 2 tahun ini bakal resmi digelar di Climate Pledge Arena di kota Seattle, Amerika Serikat pada Oktober 2023.

Terakhir kali Valve mengadakan TI di Seattle adalah pada tahun 2017, momen ketika Team Liquid sukses mengalahkan Newbee lewat skor 3-0 tanpa balas dan menjadi juara dunia.

Sumber: Valve

Pengumuman pemilihan venue sendiri disampaikan secara langsung tepat di tengah bergulirnya turnamen ESL One Berlin Major 2023.

The International 12 akan dimulai dengan babak penyisihan grup dan playoff yang akan bertajuk Road to The International, dimulai 14 Oktober dan dilanjutkan babak main event pada 27 - 29 Oktober 2023.

Sebelumnya The International 11 bergulir di Singapura dan membawa Team Spirit sebagai juara. Siapa yang akan jadi juara berikutnya?

Gaya Orkestra Jadi Tema The International 12 di Seattle?

Kabar ini merupakan pengumuman yang sangat penting bagi para penggemar Dota 2, terlebih yang ada di Amerika Serikat, karena pengumuman ini menandai kembalinya trofi The Aegis ke Seattle setelah jeda enam tahun lamanya.

Melalui video singkat, The International 12 membawa beberapa hal yaitu background suara orkestra di teaser TI 12 dan tema turnamen berwarna biru.

Lalu informasi berikutnya adalah pemilihan lokasi, yaitu stadion Climate Pledge Arena dengan kapasitas tempat duduk sekitar 18.000 orang yang akan siap mengakomodasi animo penonton terbesar dalam sejarah acara tersebut.

Menurut post di blog Valve, babak penyisihan grup TI 12 akan dimulai pada 14 Oktober, diikuti dengan babak playoff. Kedua acara ini akan menjadi bagian dari The Road to the International, yang akan diungkapkan lebih banyak oleh Valve dalam beberapa minggu mendatang.

Climate Pledge Arena adalah tempat yang sama dengan KeyArena, tempat TI yang sebelumnya diadakan di Seattle.

Sumber: climatepledgearena.com

Nama KeyArena dipertahankan hingga 2018 hingga sebelumnya ditutup pusat untuk masuk tahap renovasi dan dibuka kembali dengan nama Climate Pledge Arena pada tahun 2021. Menurut Seattle Kraken, stadion Climate Pledge Arena merupakan arena dengan emisi nol karbon pertama di dunia.

Dari rangkaian tim di TI 12, baru satu slot yang berhasil diamankan yaitu oleh Team Liquid. Tentu masih banyak slot yang tersedia dan bisa diraih dari berbagai cara, salah satunya dengan direct invite melalui perolehan poin DPC.

Pada TI 11 yang lalu di Singapura, Tundra Esports berhasil tampil dominan dan mengalahkan Team Secret dengan skor 3-0 di Grand Final untuk meraih gelar juara dan porsi uang terbesar yaitu US$18.930.775 atau sekitar Rp278 miliar.