14 December 2022

by Lukman Azis

Ternyata Selama Ini Apple Menggunakan Sensor Gambar Sony Untuk Kamera iPhone

Tim Cook mengakui bahwa Apple telah bekerja sama dengan Sony Semiconductor selama lebih dari satu dekade

Kemampuan sistem kamera pada tiap generasi iPhone terbilang mumpuni, masih kalah mewah daripada perangkat flagship Android terutama dalam hal resolusi foto dan video. Namun bicara soal kecanggihan pemrosesan gambar, fitur kamera, dan kualitas gambar secara keseluruhan, maka iPhone memang patut diacungi jempol sebanyak dua kali.

Bagi penggemar gadget, kita tahu bahwa Apple cenderung tertutup atau tidak mengungkap tentang spesifikasi teknis produk dan rantai pasokannya. Namun bagi yang penasaran mengenai sensor gambar yang dipakai oleh iPhone selama bertahun-tahun, kini telah terkuak jelas.

Baru-baru ini, CEO Apple memposting cuitan di Twitter. Di dalamnya terdapat foto yang menampilkan Tim Cook yang berkunjung ke fasilitas Sony Semiconductor untuk sensor CMOS bersama CEO Sony, Kenichiro Yoshida dan keduanya melihat sepasang iPhone di atas meja.

Tidak jelas kapan tepatnya foto tersebut diambil, berdasarkan warna dan susunan kamera, kemungkinan dua iPhone tersebut adalah iPhone 14 dan iPhone 14 Pro. Mungkin juga prototipe iPhone generasi selanjutnya untuk menguji sensor gambar Sony terbaru.

Tim Cook juga mengakui bahwa Apple telah bekerja sama dengan Sony Semiconductor selama lebih dari satu dekade 'untuk menciptakan sensor kamera terkemuka di dunia untuk iPhone'. Ini pertama kalinya Apple mengkonfirmasi menggunakan sensor gambar dari Sony Semiconductor, biasanya para tech reviewer melakukan teardown untuk mengetahuinya.

Saat ini, model iPhone dengan sistem kamera tercanggih adalah iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Untuk pertama kalinya, Apple menggunakan sensor gambar dengan resolusi lebih tinggi yakni 48 MP. Bagi pengguna setia iPhone, jelas ini peningkatan besar, meski itu kecil dari sudut pandang pengguna Android.

Kamera utama 48 MP dengan aperture f/1.78 di bagian belakang iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max menggunakan sensor quad-pixel dan didukung sensor-shift OIS generasi kedua. Secara default, tetap menghasilkan foto optimal pada resolusi 12 MP dengan ukuran piksel 2,44 μm atau opsi 48 MP dengan piksel piksel 1,22 μm.

Sensor quad-pixel juga memungkinkan opsi perbesaran 2x yang menghasilkan perspektif lebih bagus saat foto portrait dengan memotong dari tengah sensor. Dua kamera lainnya masing-masing 12 MP, satu dengan lensa 13mm ultrawide dengan bidang pandang 120 derajat dan satu lagi lensa telephoto 77mm dengan OIS yang memberikan 3x optical zoom.

Selain sensor kamera, meski Apple tidak terlalu vokal tentang komponen yang digunakan pada iPhone. Namun analis rantai pasokan telah mengungkap bahwa Corning membuat lembaran kaca depan dan belakang, Samsung dan LG memasok sebagian besar panel OLED, dan produksi chip Bionic berasal dari TSMC.

Sumber: DPreview