8 September 2022

by Daniel Hamiaz

Tencent Investasikan Dana Sebesar Rp4,4 Triliun ke Ubisoft

Dengan kesepakatan ini, apakah Assassin's Creed akan segera masuk ke mobile?

Aksi Tencent dalam memberikan suntikan dana kepada studio di luar Tiongkok semakin hebat. Pasalnya, mereka berinvestasi (lagi) sebesar USD287 juta atau sekitar Rp4,4 triliun. Kali ini pihak yang menerima dana sebesar itu adalah Ubisoft, namun secara tidak langsung.

Tencent membeli saham di Guillemot Brothers Limited, yang adalah pendiri dari Ubisoft. Economic Stake yang mereka peroleh adalah sebesar 49,9%.

Tencent juga memperoleh hak voting sebesar 5%. Guillemot Brothers Limited merupakan bagian milik pendiri Ubisoft, yang berfungsi mengontrol perusahaan pembuat franchise Assassin's Creed ini.

Jadi secara tidak langsung, mereka juga memperoleh sedikit hak dalam menentukan arah Ubisoft nantinya. Salah satu rencana yang Tencent beberkan adalah untuk memperluas franchise Ubisoft ke platform mobile, yang memang sangat mereka kuasai.

Angka ini terbilang cukup fantastis, mengingat Tencent baru saja membeli saham FromSoftware (Elden Ring, Sekiro: Shadows Die Twice, Dark Souls) pada minggu lalu.

Yves Guillemot, CEO Ubisoft (via VentureBeat)

"Tencent merupakan pemegang saham dan mitra kunci untuk banyak pemimpin-pemimpin di industri ini, yang telah menciptakan sejumlah video game yang luar biasa. Transaksi ini memperkuat kemampuan kami untuk menciptakan value yang kuat di tahun-tahun yang akan datang," ucap Yves Guillemot selaku Chief Executive Officer dari Ubisoft.

Ubisoft memang sedang mendapatkan momentum dalam beberapa hari terakhir ini, karena baru saja mengumumkan game terbaru mereka, Assassin's Creed Mirage.

Belum banyak informasi yang diberikan saat pengumuman game ini, selain dari judul dan artwork resminya saja. Namun, Ubisoft telah berjanji akan membuka lebih banyak detail pada Ubisoft Forward pada 10 September ini.

"Tim Ubisoft telah menunjukkan kemampuan mengesankan, yang secara konsisten menciptakan hiburan kelas dunia, dengan bermacam-macam franchise yang sukses di industri gaming," kata Martin Lau, Presiden Tencent.

"Kami sangat senang untuk memperluas hubungan kami dengan para pendiri, yaitu keluarga Guillemot bersama Ubisoft, untuk melanjutkan membuat pengalaman bermain yang mendalam dan untuk membawa franchise AAA yang paling terkenal ke dalam mobile. Kesepakatan ini juga sejalan dengan filosofi kami untuk berinvestasi ke insan-insan kreatif dengan penuh kepercayaan diri, bahwa mereka akan memimpin perusahaan-perusahaan mereka ke level yang lebih tinggi," lanjutnya.