Tencent dan Torabika Gelar Indonesia PUBG Mobile Campus Championship 2018

PMCC 2018 memiliki tiga pilar kegiatan, yaitu turnamen, lomba komentator, dan lomba desain trofi

Tencent Games selaku penerbit PlayerUnknown’s Battleground Mobile (PUBG Mobile) baru-baru ini mengumumkan penggelaran turnamen PUBG Mobile antar kampus di Indonesia. Bertajuk Indonesia PUBG Mobile Campus Championship 2018 (PMCC 2018), turnamen ini merupakan hasil kerja sama antara Tencent dengan Torabika Capuccino, dan menawarkan hadiah uang senilai total Rp300.000.000.

Penyelenggaraan Indonesia PUBG Mobile Campus Championship 2018 ditangani oleh divisi event Mineski Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan nama MET (Mineski Event Team) Indonesia. Menurut keterangan dalam siaran persnya, turnamen ini memiliki tiga pilar kegiatan utama. Yaitu turnamen PUBG Mobile, kompetisi komentator terbaik, dan desain trofi terbaik. Diperkirakan bahwa turnamen ini akan menjangkau lebih dari 10.000 mahasiswa di 40 universitas dari seluruh Indonesia, dengan kurang lebih 1 juta reach di sosial media.

Hadiah PMCC 2018 mencapai 300 juta rupiah | Sumber: Tencent

“Dunia esports itu lebih dari kompetisi antar pemain profesional. Seperti bidang karier lainnya, esports yang merupakan bagian dari industri kreatif juga memerlukan soft skills. Kemampuan ini dapat diasah, digemari, dengan penetrasi yang mudah melalui berbagai keterampilan dan juga mengenalkan kepada mahasiswa mengenai bagaimana menjadi pemain esports profesional, esports manager, esports coach, esports analyst, broadcaster, brand ambassador, hingga esports event management yang dapat ditekuni oleh mahasiswa lebih dalam,” demikian ujar Gaga Li, Country Manager Tencent Games Indonesia.

Esports yang sedang bertumbuh pesat, terutama di Indonesia, telah mendorong kami agar dapat mengasah kemampuan kreatif mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berkompetisi dalam turnamen PUBG Mobile Campus Championship 2018. Turnamen ini juga menjadi fasilitas bagi mahasiswa untuk berkompetisi secara positif, mengembangkan skill gaming menuju talenta esports berkualitas. Kami ingin turnamen ini menjadi momentum bagi anak muda untuk bertanding dan berkompetisi secara fair melalui gaming,” tambahnya.

Beberapa lokasi kampus PMCC 2018 | Sumber: Tencent

Turnamen PUBG Mobile ini terbagi ke dalam tiga tahapan kualifikasi, yaitu online qualifier, offline qualifier, serta on-site qualifier. Untuk online qualifier, registrasi dapat dilakukan melalui situs resmi PUBG Mobile dengan jumlah partisipan maksimal sebanyak 160 tim per qualifier. Sementara untuk offline qualifier akan diadakan di 40 kampus dengan partisipan sebanyak 25 tim per qualifier. Setiap tim harus berasal dari kampus yang sama.

Fase kualifikasi ini berjalan mulai bulan November 2018 hingga Januari 2019. Kemudian berikutnya, PMCC 2018 akan memasuki fase online regional finals di bulan Februari, dilanjutkan babak grand final di bulan Maret 2019 nanti. Untuk jadwal lengkap serta informasi lebih lanjut tentang, Anda dapat mengunjungi situs resmi PMCC 2018.

Kegiatan kedua yaitu kompetisi komentator terbaik tingkat universitas. Untuk mengikuti kompetisi ini, partisipan dapat mengunggah video saat mereka mengomentari permainan lewat media sosial dengan menggunakan hashtag #PUBGMOBILECC #1Squad1Goal, lalu mengirimkan link serta data diri lewat situs PMCC 2018. Pemenangnya akan diumumkan melalui situs tersebut, dan mendapatkan hadiah sebesar Rp2.000.000.

Sementara untuk kegiatan ketiga, yaitu desain trofi terbaik, cara mengikutinya adalah dengan mengunggah hasil desain ke media sosial dengan hashtag #PUBGMOBILECC #1Squad1Goal juga. Pemenang ditentukan berdasarkan Like dan komentar terbanyak, dan akan mendapat hadiah sebesar Rp3.500.000.

PUBG Mobile saat ini merupakan salah satu mobile game terpopuler di dunia, dengan catatan downloadmencapai 100 juta unduhan hanya dalam waktu lima bulan sejak dirilis. Indonesia pun menempati peringkat tiga besar pemain PUBG Mobile terbanyak, bersama dengan Amerika Serikat dan India. Tingginya minat dan besarnya user base ini tentu membuka berbagai kesempatan di dunia esports PUBG Mobile tanah air. Mudah-mudahan saja PMCC 2018 bisa mendorong munculnya talenta-talenta PUBG Mobile yang dapat menjadi pegiat industri esports di masa depan.