Dark
Light

Telkomsel dan XL Menangkan Tender 3G

1 min read
February 26, 2013

Kementerian Teknologi dan Informasi (Kemenkominfo) kemarin mengumumkan pemenang tender penggunaan frekuensi 3G. Telkomsel dan XL diumumkan sebagai pemenang dan masing-masing berhak untuk mendapatkan tambahan penggunaan satu blok pada frekuensi 2,1 GHz.

Seperti dilansir oleh IndoTelko, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, Gatot S. Dewa Broto mengatakan, “pada 25 Februari ini hasil seleksi diumumkan setelah melalui proses panjang sejak 14 Desember 2012. Hasilnya, Telkomsel menduduki peringkat pertama, XL di posisi kedua”.

Dengan demikian, komposisi frekuensi 2,1 GHz kini menjadi 12 blok. Telkomsel yang sebelumnya sudah mendapatkan alokasi di blok 4 dan 5 kini akan berhak juga terhadap blok 11, sedangkan XL yang sebelumnya sudah mendapatkan alokasi di blok 9 dan 10 akan berhak juga terhadap blok 12. Sisa enam blok lainnya dipergunakan oleh Tri di blok 1 dan 6, Axis di blok 2 dan 3, serta Indosat di blok 7 dan 8.

Bertambahnya alokasi blok di frekuensi 3G ini disambut dengan gembira oleh kedua operator seluler tersebut. Kepada Kompas.com, Direktur Technology & Digital Services XL, Dian Siswarini mengatakan, “kecepatan internet bisa lebih tinggi karena adanya tambahan kanal 3G”. Sementara Adita Irawati, Head of Corporate Communications Group Telkomsel, mengatakan, “Telkomsel siap bertransformasi menuju babak teknologi terbaru dan mengantarkan Indonesia menuju perekonomian masyarakat berbasis pita lebar”.

Selanjutnya, pihak Kemenkominfo memberikan masa sanggah hingga tanggal 27 Februari untuk pihak-pihak yang merasa keberatan dengan hasil tender ini. Jika tidak ada keberatan, maka hasil seleksi ini akan ditetapkan secara resmi oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring pada tanggal 5 Maret nanti.

 

Sumber: IndoTelko, Kompas.com. Gambar: Geek.com.

Previous Story

4 Operator Lokal Akan Sediakan Harga Khusus Untuk Aplikasi Messenger dari Facebook

Next Story

BlackBerry Resmi Luncurkan BBM Money Dengan Bank Permata

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Pentingnya Industri Telekomunikasi untuk Kembangkan Industri Game dan Esports

Nilai dari industri game meroket selama pandemi COVID-19. Bahkan setelah
Modem 4G Telkomsel Orbit Star N2 Dapat Terhubung 32 Perangkat dengan Kecepatan 15Mbps

Modem 4G Baru Telkomsel Orbit Star N2 Dapat Terhubung 32 Perangkat, Kecepatannya 15Mbps

Kebutuhan akan koneksi internet yang cepat di rumah semakin meningkat.