Bagi orang yang gemar berwisata dan bepergian ke tempat-tempat baru informasi mengenai tempat tujuan lazimnya dicari di mesin pencari. Informasi melimpah di sana. Entah dari situs resmi pemerintah atau pengelola wisata hingga cerita pengalaman pribadi orang-orang yang didokumentasikan ke dalam blog maupun vlog. Selain situs ada juga yang mengemas informasi wisata dalam bentuk aplikasi mobile.
Ini juga yang coba ditempuh Telkom dengan mengeluarkan produk Hi City. Sebuah aplikasi yang terdiri dari beberapa varian yang mewakili kota-kota tertentu. Yang tentu di dalamnya terdapat informasi mengenai pariwisata kota tersebut.
Tak hanya mengenai informasi wisata, aplikasi Hi City juga memberikan beberapa informasi mengenai penginapan seperti hotel lengkap dengan informasi jarak dan harga. Semua informasi tersebut juga disediakan versi rekomendasi. Sehingga sedikit membantu para pengguna yang benar-benar tidak mengenali daerah tersebut.
Aplikasi Hi City juga dilengkapi dengan informasi pelengkap lainnya seperti informasi kegiatan wisata, pusat perbelanjaan, restoran, layanan kesehatan, informasi perbankan, tempat ibadah, layan transportasi, agen travel, pusat layanan masyarakat, dan radio online.
Tak lupa aplikasi ini juga dilengkapi dengan paket-paket untuk perencanaan perjalanan sampai dengan informasi berbagai POI (Point of Interest), lengkap dengan review berupa narasi, foto, hingga video.
Dikutip dari pemberitaan Indotelko aplikasi Hi City dimiliki platform Smart City Nusantara dari Telkom. Hi City dikonsep menyerupai guide bagi siapa saja yang ingin mengenal dan menjelajahi kota-kota tertentu. Sejauh ini kurang lebih sudah ada beberapa kota yang sudah tersedia yakni Hi Bandung, Hi Jogja, Hi Bali, Hi Lombok, Hi Solo, Hi Medan, dan Hi Padang.
“Hi City ini sebuah platform aplikasi city guide yang bermanfaat bagi para wisatawan yang ingin mengeksplorasi destinasi wisata di Indonesia. Kami bikin platform sesuai dengan daerah yang menggunakan. Sejauh ini sudah tujuh aplikasi dikembangkan dengan platform ini,” ungkap Koordinator Living Lab. Smart City Telkom Indonesia Imanuddin.
Selain itu Imanuddin juga menjelaskan bahwa untuk Hi Bandung, Hi Jogja, dan Hi Bali saat ini telah memasuki tahapan inovasi validasi model bisnis yang nantinya Hi City bisa menjadi marketplace promosi bagi para merchant di tiga kota tersebut.
Hi City juga disebutkan Imanuddin berpeluang menjadi solusi monitor jumlah traveler yang datang ke daerahnya, menjadi sarana promosi, dan juga mengetahui umpan balik dari pengunjung.
“Revenue stream salah satunya bisa dari advertising untuk pengembangan platform ini,” jelasnya lagi.