16 June 2016

by Bambang Winarso

Telegram Terbaru Dukung Picture-in-picture Video dan Pesan Draft

Pesan draft di Telegram dapat diakses di lintas perangkat, sementara fitur picture-in-picture baru untuk platform iOS

Aplikasi pesan instan Telegram terus melakukan agresinya yang diwujudkan dalam bentuk inovasi demi inovasi. Yang terbaru, mereka menggulirkan update untuk aplikasi Android dan iOS di mana di antaranya diberlakukan untuk keduanya dan beberapa fitur tambahan dihadirkan khusus untuk masing-masing platform.

Update pertama yang paling menggembirakan adalah tibanya fitur pesan draft. Fitur yang saat ini hanya dijumpai di aplikasi Twitter mobile, tetapi belum umum ditemukan di aplikasi pesan instan, bahkan di WhatsApp ataupun Facebook Messenger yang dinobatkan sebagai dua aplikasi pesan instan terlaris sejagad.

Percakapan yang mempunyai draft akan diletakkan di posisi teratas

Pesan draft merupakan pesan yang belum selesai diketik atau belum dikirim. Di Telegram pesan model ini akan ditampilkan di daftar jendela percakapan. Percakapan yang berisikan pesan draft otomatis akan diletakkan di posisi teratas. Hebatnya, menurut penjelasan Telegram, fitur ini akan tersinkron di semua perangkat yang digunakan oleh akun yang sama. Dengan begitu, pengguna dapat melanjutkan ketikan pesan di desktop ketika gagal menyelesaikannya di perangkat smartphone, atau sebaliknya.

Native video player memudahkan pengguna Android untuk memutar video

Selain update tersebut, Telegram juga memberikan kemampuan baru memutar video di dalam aplikasi. Dengan begitu, pengguna Android kini tidak harus meninggalkan aplikasi untuk memutar video yang diterimanya dari teman.

Fitur picute-in-picture dapat dijumpai di platform iOS

Terkait dukungan video player ini, khusus untuk perangkat iOS, Telegram dapat memutar video dalam mode picture-in-picture baik untuk video YouTube ataupun Vimeo. Fitur baru ini diwakilkan oleh tombol baru yang berfungsi untuk mengerucutkan jendela video untuk terus menonton sembari mengobrol.

Versi terbaru Telegram ini dapat diunduh di platform masing-masing, di App Store dan Google Play.

Sumber berita Telegram.