Dark
Light

Telah Tiba Waktunya: Iklan di Instagram

by
1 min read
October 4, 2013

Iklan menjadi pilihan bagi produk gratisan sebagai sumber pemasukan. Jumlah pengguna yang tinggi pun menjadi faktor pendukung lain. Instagram pun tidak terlepas dari konten iklan.

Pengguna di AS akan mulai mendapatkan konten iklan di layanan berbagi foto dan video singkat ini. Lewat pengumuman resmi, Instagram memberikan penjelasan bahwa penempatan iklan ini baru akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan dan baru untuk pengguna AS saja. Instagram juga akan menjalankan strategi iklan ini secara bertahap agar pengguna terbiasa.

Iklan yang hadir juga bisa muncul dalam rupa foto dan video dari akun atau merek yang tidak pengguna ikuti. Meski demikian Instagram berjanji untuk menjaga kualitas iklan ini dan mendesainnya agar tampak natural layaknya konten lain yang sudah biasa dibagikan oleh akun brand, yang juga telah banyak menjadikan Instagram sebagai salah satu saluran promosi mereka.

Jaminan iklan yang tetap bisa dinikmati ini tentunya menjadi angin segar, karena biasanya pengguna akan cukup sensitif atas konten iklan meski layanan yang mereka pake pada dasarnya adalah layanan gratis.

Strategi iklan ini pun tidak aneh, seperti yang disebutkan TechCrunch, Instagram kini telah dimiliki oleh Facebook yang merupakan perusahaan dengan strategi iklan sebagai sumber pendapatan.

Persoalannya tentu akan ada pada, bagaimana eksekusi konten iklan yang akan diterapkan di Instagram. Jika bagus, bukan tidak mungkin justru konten iklan ini akan menjadi viral dan dibagikan ulang. Tetapi jika buruk, Instagram harus menyiapkan diri mendapat protes dari pengguna.

Untuk menjamin kenyamanan, Instagram tidak lupa memberikan penjelasan atas kontrol pada pengguna, jika Anda tidak menyukai iklan tertentu Anda bisa menyembunyikannya dan memberikan umpan balik pada Instagram sebagai saran mengapa Anda tidak menyukai iklan tersebut.

Meski masih terbatas di wilayah tertentu, tentunya tidak menutup kemungkinan iklan di Instagram akan dirilis secara global. Bisa jadi mereka menguji terlebih dahulu dengan pengguna AS sebelum memutuskan menyertakan iklan bagi pengguna di negara lain. Jika Anda tidak suka iklan di Instagram, setidaknya pengguna di sini masih bisa bernafas lega.

Anda pengguna aktif Instagram? Bagaimana pendapat Anda dengan rencana iklan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Garuda Riders Bertekad Harumkan Nama Indonesia di Ajang APICTA 2013

Next Story

Layani Pembayaran Berbagai Layanan E-Commerce, Mandiri e-cash Juga Hadir untuk Platform Android

Latest from Blog

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri
Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi