Esports Ecosystem

Tekken 7 Update Season 4 Hadirkan Kunimitsu, Gerakan dan Rank Baru, Serta Perbaikan Netcode

29 Sep 2020 | Akbar Priono
Tekken 7 Update Season 4 mengungkap kehadiran Kunimitsu, rank Tekken God Omega, dan rencana menghadirkan kehadiran gerakan baru serta penambahan health-bar.

Beberapa hari lalu, Bandai Namco mengumumkanTekken 7 Season 4. Update season 4 sendiri sudah sempat diumumkan pada akhir Juli kemarin, namun ketika itu Bandai Namco baru hanya memberikan teaser belaka. Kini, detail akan update tersebut akhirnya diungkap dalam sebuah video devtalk yang dilakukan oleh KatsuhiroHarada sang ExecutiveDirectorTekkenSeries, dan MichaelMurray sang GameDesignerTekken Series.

Pengumuman tersebut mengungkap kehadiran karakter Kunimitsu, pembaruan sistem Rank dan tampilan antar-muka, penambahan sistem Tekken Prowess, dan perbaikan pengalaman bermain online. Kunimitsu jadi salah satu yang ditunggu-tunggu, karena Bandai Namco memang sudah memberi teaser atas hal tersebut sejak bulan Juli.

Pada bagian akhir video teaser yang terbit 31 Juli tersebut, Bandai Namco menunjukkan sebuah kuil Jepang, dengan siluet sosok misterius di pucuk atap kuil; yang membuat komunitas berspekulasi bahwa dia adalah Kunimitsu. Selain rivalitasnya dengan Yoshimitsu, video trailer juga mengungkap beberapa gerakan-gerakan Kunimitsu.

Dari trailer, kita bisa melihat bagaimana karakter ini menggunakan dua pedang pendek khas Jepang yang terselubung energi api merah dan api biru, sebagai senjata andalannya. Selain itu, dari trailer kita juga dapat melihat Kunimitsu bisa blink jarak dekat, yang pola gerakannya terlihat mirip dengan Master Raven. Dalam trailer, Kunimitsu juga menyebut soal ibunya, yang mengindikasikan bahwa Kunimitsu di Tekken 7 adalah anak dari Kunimitsu yang tampil di Tekken 2 terdahulu.

Update Tekken 7 Season 4 juga menyajikan perbaikan dari segi onlineexperience, sampai sistem Tekken Prowess, dan pembaruan sistem Rank. Dalam hal onlineexperience, Harada menjelaskan soal Wi-Fi filter, yang memungkinkan pemain memilih bermain dengan pemain yang menggunakan Wi-Fi atau internet kabel, dan menjelaskan lebih lanjut soal netcode.

Michael Murray lalu juga menjelaskan soal penambahan gerakan di masing-masing karakter Tekken. Ia menjelaskan soal situasi damage combo di Tekken 7 yang kadang terlalu besar karena wall-carry dan wall-combo, soal penambahan gerakan, dan penambahan health-bar. Tekken 7 season 4 juga menambahkan rank baru yaitu Tekken God Omega, dan terakhir menambahkan sistem baru bernama Tekken Prowess untuk pertandingan online.

Tekken Prowess merupakan sistem penakar kemampuan seorang pemain, yang didasarkan pada 4 elemen, yaitu Rank tertinggi yang dimiliki, total Rank keseluruhan karakter, statistik permainan, dan jumlah permainan yang pemain mainkan. Sistem Tekken Prowess nantinya digunakan untuk menyeimbangkan matchmaking, dan sebagai bentuk pembuktian investasi waktu pemain terhadap game Tekken.

Mengutip dari video peluncuran, update Season 4 Tekken 7 diperkirakan akan rilis secara bertahap mulai musim gugur 2020 (Sekitar September sampai Desember). Nantinya akan ada juga update karakter dan Stage baru, yang diperkirakan hadir di awal musim semi 2021 (sekitar Maret sampai Juni).