Berita yang tidak terlalu mengejutkan datang tadi malam dari perusahaan ecommerce Groupon. Perusahaan yang berbasis di Chicago ini mengajukan Initial Public Offering (IPO) yang menempatkan Groupon di valuasi $30 milyar. Sebagai perbandingan, Facebook diramalkan akan mengajukan IPO dengan valuasi $80 milyar, lebih dari 2x lipat dari Groupon padahal Groupon bisa dibilang “pemain baru” di ranah e-commerce.
Facebook sendiri beberapa waktu lalu telah sukses mendapatkan funding sebesar $1.5 milyar dan sejak akhir tahun lalu terus digosipkan akan menggandeng Goldman Sachs untuk memimpin proses IPO dengan valuasi sebesar $80 milyar. Zynga, sebuah perusahaan social game juga dikabarkan sedang dalam proses pengajuan IPO yang mampu menempatkan perusahaan California ini di valuasi $10 milyar.
Layanan musik Pandora juga tak kalah dengan pemain lainnya, setelah lebih dulu memulai proses pengajuan IPO. Minggu ini layanan musik tersebut telah menenetukan range harga IPO sebesar $7 sampai $9 dan berharap untuk mengumpulkan sekitar $141,6 juta dari IPO tersebut, menempatkan Pandora di valuasi $1,4 milyar.
Berita lain yang sangat kontras adalah rumor penjualan divisi mobile Nokia ke Microsoft sebesar $19 milyar. Meskipun hanya rumor dan mengingat fakta bahwa bisnis mobile Nokia makin menurun, agak aneh ketika kita mencoba membandingkan valuasi divisi mobile Nokia sebesar $19 milyar dengan valuasi gila dari Facebook ($80 milyar) dan Groupon ($30 milyar).
Bubble? Maybe.
Maybe not.
keren aja deh,.. kog bisa yaa??
semoga bisa menambah semangat kita semua,..
semangat!
IPO?
huhhhh… yang kuinginkan cuma makan 3 kali sehari 😛
Asal pendapatanku dan cukup buat makan 3 kali, aku dah puas.
kuinginkan? siapa peduli dg keinginanku…
Yang penting bisa bebas berkreasi…