Team SoloMid Jadi Partner Sponsorship Esports Pertama Lenovo Amerika

Meski pertama kalinya menjadi sponsor tim di Amerika, Lenovo sama sekali bukan pemain baru di dunia esports.

Pertumbuhan esports yang semakin pesat dan diprediksi masih akan terus meningkat merupakan daya tarik kuat bagi para pemilik brand untuk berinvestasi di bidang ini. Apalagi pertumbuhan itu tidak hanya terjadi di beberapa negara maju saja, tapi di seluruh dunia. Bagi brand teknologi seperti Lenovo, hanya soal waktu saja sampai mereka terjun menjadi sponsor di industri esports.

Baru-baru ini, Team SoloMid (TSM) mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kerja sama dengan Lenovo North America sebagai partner PC eksklusif. Lenovo akan menjadi penyedia perlengkapan gaming untuk fasilitas latihan baru milik TSM yang kini sedang dibangun di Los Angeles. Ditambah lagi, tim kreator konten di TSM juga akan mendapat akses ke perlengkapan teknologi milik Lenovo untuk menciptakan konten-konten kelas dunia.

Sumber: Team SoloMid

Fasilitas latihan baru milik TSM itu akan memiliki area yang disebut Lenovo Legion Lounge, berisi PC gaming canggih keluaran Lenovo dan perangkat audio visual yang imersif. Ditambah lagi, Lenovo juga akan menyelenggarakan berbagai event eksklusif dan giveaway untuk TSM sepanjang tahun. Dalam pengumuman di situs resmi TSM, dikatakan bahwa kerja sama ini adalah sponsorship resmi pertama Lenovo North America di bidang esports, dan merupakan investasi yang akan meningkatkan lebih jauh fokus Lenovo di industri game.

“Dengan audiens esports diperkirakan akan melampaui viewership NFL dan mencapai angka 276 juta orang di tahun 2022, Lenovo gembira dapat berpartner dengan tim veteran yang telah membantu mengangkat popularitas esports di Amerika Serikat,” kata Matt Zielinski, Presiden Lenovo North America, “Kami memahami potensi pertumbuhan besar pasar ini, dan kerja sama ini adalah pelengkap yang bagus dalam investasi kami untuk membawa pengalaman gaming tingkat profesional kepada para penggemar berat di seluruh dunia.”

Sumber: Team SoloMid

Team SoloMid mungkin partner sponsor pertama Lenovo di Amerika, tapi di negara-negara lain sebetulnya Lenovo bukan nama baru di dunia esports. Di Indonesia saja, Lenovo melalui brand Legion telah menjadi menunjuk tim EVOS menjadi brand ambassador sejak tahun 2017. Legion juga telah menjadi sponsor Rainbow Six Pro League, MotoGP eSports Championship, serta sejumlah tim termasuk Silver Snipers.

Keputusan untuk berpartner dengan Team SoloMid terbilang tepat mengingat mereka adalah tim besar dan punya segudang prestasi. Mereka baru meraih juara 2 di LCS 2019 Spring Playoffs, juga memiliki berbagai tim yang bertanding di cabang-cabang esports berbeda, termasuk League of Legends, Fortnite, Super Smash Bros., dan Rocket League. Menurut keterangan resminya, TSM memiliki lebih dari 80 juta follower di seluruh platform penggemar, juga memiliki jaringan situs gaming dengan capaian 180 juta page view per bulan.

Sementara itu bagi TSM sendiri, Lenovo dipilih sebagai partner karena mereka merasa memiliki komitmen yang sama tentang kualitas. Founder dan CEO TSM Andy Dinh mengatakan bahwa TSM hanya berpartner dengan yang terbaik, dan rekam jejak Lenovo dalam hal performa serta kualitas itu sejalan dengan visi masa depan TSM, bukan dalam hal tim esports saja tapi sebagai organisasi keseluruhan.

Sumber: Team SoloMid