Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Game Mobile Kuasai Tayangan Esports Terpopuler Bulan Juli 2020

13 August 2020Akbar Priono

Bulan ini game mobile mendominasi daftar. 4 dari 5 turnamen berasal dari game mobile. Empat game tersebut adalah MLBB, PUBG Mobile, AOV, dan Free Fire.

Beberapa waktu belakangan kita sudah melihat bagaimana tayangan esportsgamemobile mendapat sorotan yang besar, karena jumlah penontonnya yang kini bahkan bisa menyalip esportsgame PC. Pembuktian tersebut jadi lebih menarik lagi karena ternyata, penonton Indonesia mendominasi di dua tayangan turnamen esports besar di skena game mobile tersebut.

Dari game MLBB kita melihat bagaimana jumlah penonton tayangan MPL Invitational 4 Nations Cup menyalip jumlah penonton liga League of Legends Korea Selatan, LCK. Pertandingan EVOS vs RRQ, dua tim asal Indonesia, menjadi pertandingan yang paling banyak ditonton. Dari sisi PUBG Mobile, kita juga melihat bagaimana Indonesia menjadi salah satu negara dengan konsumsi terbesar terhadap tayangan PUBG Mobile World League 2020 Season 0 – East Region.

Melanjutkan dua pencapaian tersebut, Esports Charts baru-baru ini membuat rangkuman 5 tayangan esports paling populer bulan Juli 2020 ini. Tanpa diduga, 4 dari 5 daftar peringkat tersebut berisi gamemobile. Pengisi peringkat 1 adalah MPL Invitational 4 Nations Cup dengan 1.032.379 penonton terbanyak di saat bersamaan (Peak Viewers).

Sumber: Esports Charts
Sumber: Esports Charts

Sayangnya PUBG Mobile World League East tidak bisa mengisi peringkat 1 untuk bulan Juli. PMWL 2020 Season Zero – East Region sebenarnya mencetak rekor baru dengan 1,1 juta penonton terbanyak di saat bersamaan. Namun momen tersebut terjadi di babak Final, yang digelar pada bulan Agustus 2020.

Selain penonton Indonesia yang menguasai peringkat tersebut, hal menarik lain yang patut disorot mungkin adalah berkurangnya penonton LCK, dan gelaran C.O.P.A Free Fire. Pada daftar tayangan esports terpopuler bulan Juni 2020 lalu, kita dapat melihat LCK juga berada di dalam daftar. Dari bulan Juni ke bulan Juli, jumlah penonton LCK mengalami penurunan yang luar biasa.

Penonton LCK di bulan Juni sebanyak 672.362 penonton di saat bersamaan, sementara penonton di bulan Juli adalah 584.303 penonton di saat bersamaan. Artinya, penonton LCK berkurang cukup drastis, dengan selisih 88.059 orang penonton dari bulan Juni ke Juli. Hal menarik lain adalah, pertandingan T1 bertahan dari bulan Juni ke Juli sebagai pertandingan LCK dengan jumlah penonton terbanyak.

Sumber: Esports Charts
Rangkuman tayangan esports terpopuler bulan Juni 2020. Sumber: Esports Charts

C.O.P.A Free Fire juga jadi sorotan menarik pada daftar ini, karena turnamen tersebut merupakan pertandingan Free Fire lokal Brazil, namun berhasil menembus daftar tersebut. Mengutip dari Esports Charts, 570.074 orang penonton pertandingan C.O.P.A Free Fire itu merupakan penonton lokal Brazil saja. Jumlah penonton Brazil di C.O.P.A Free Fire terhitung 57.019 orang lebih banyak dibanding penonton Indonesia di PMWL 2020 East Region Finals, yang berjumlah 513.055 orang penonton.

Data ini menjadi menarik karena menunjukkan potensi fanatisme fans esports Indonesia terhadap tim kesayangannya. Dari daftar ini kita juga dapat melihat bagaimana tayangan esportsgamemobile akan dapat bicara lebih banyak di masa depan.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV