1 November 2016

by Glenn Kaonang

Tanya Apa Saja dalam App Ini, Maka Anda Akan Mendapat Jawaban Berupa Video dari Sosok Ternama

Dibuat oleh Justin Kan, sosok ternama di dunia startup yang merupakan pendiri Twitch

Menjadi sosok ternama di dunia startup bukanlah hal mudah. Hal ini telah dibuktikan sendiri oleh Justin Kan, yang tidak lain dari pendiri Justin.tv, pelopor live streaming yang kemudian berganti identitas menjadi Twitch.

Setiap harinya, beliau dibombardir dengan pertanyaan-pertanyaan seputar tips memulai startup, seperti yang diungkapkan pada vlog-nya. Bukannya Justin tidak mau berbagi tips, masalahnya pertanyaan yang dilontarkan selalu sama dan begitu-begitu saja, sehingga mengulangi jawabannya lama-lama bisa terasa menjengkelkan.

Namun dasar otak startup dan bisnisnya yang begitu encer, kekesalan ini disulap oleh Justin menjadi sebuah aplikasi iOS bernama Whale. Whale pada dasarnya merupakan sebuah forum tanya-jawab, dimana pengguna bisa mencari tahu beragam tips dari para ahli dan influencer di bermacam bidang.

Bukankah sebelumnya sudah ada platform semacam ini, sebut saja Quora? Yup, Anda tidak salah, tapi yang Whale tawarkan sedikit lebih menarik karena melibatkan video. Di sini para influencer bisa memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pengguna dalam wujud video pendek, sehingga penanya bisa merasakan hubungan yang lebih personal dengan tokoh inspiratornya.

Hal lain yang menarik dari Whale adalah jaminan mutu baik atas pertanyaan maupun jawaban yang diberikan. Ini dikarenakan ada aspek monetisasi yang dilibatkan. Sederhananya, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk menanya kepada seorang influencer pilihan Anda. Dengan cara seperti ini, dipastikan tidak ada pengguna usil yang berpotensi merusak komunitas Whale.

Aplikasinya sendiri gratis dan bisa diunduh sekarang juga melalui App Store. Pengguna Android sedikit kurang beruntung karena Whale eksklusif untuk iOS.

Sumber: TheNextWeb dan Whale.