27 February 2023

by Glenn Kaonang

Baldur's Gate 3 Dapatkan Tanggal Rilis Pasti, Tapi Hanya untuk PC dan PS5 Saja

Baldur's Gate 3 bakal memiliki fitur split-screen co-op, dan ini penyebab ia tak akan hadir di Xbox pada hari peluncurannya

Setelah dinanti-nanti sejak lama, Baldur's Gate 3 akhirnya mendapatkan jadwal rilis yang spesifik. RPG ambisius besutan Larian Studios ini pertama kali diumumkan pada pertengahan 2019, sebelum akhirnya meluncur di Steam dengan status early access pada Oktober 2020.

Dua tahun lebih berselang, Larian kini sudah punya tanggal rilis pasti untuk Baldur's Gate 3: 31 Agustus 2023. Selain di PC, game ini juga akan tersedia di PlayStation 5. Larian bahkan membagikan sejumlah detail baru mengenai gameplay Baldur's Gate 3 pada presentasi PlayStation State of Play yang digelar belum lama ini.

Yang paling utama adalah mode co-op multiplayer dengan tampilan split-screen, sehingga dua orang bisa bermain bersama-sama menggunakan satu konsol PS5 (atau hingga empat orang untuk online co-op). Menariknya lagi, mode co-op-nya sama sekali tidak mewajibkan pemain berjalan bersama-sama. Selagi teman Anda menjalani pertarungan misalnya, Anda bebas memilih untuk membantunya, atau berpencar dan menjalankan quest lain.

Lebih jelasnya Anda bisa lihat sendiri cuplikannya di trailer baru Baldur's Gate 3 di bawah ini.

Satu hal yang terdengar mengecewakan bagi sebagian besar orang adalah fakta bahwa game ini tidak akan tersedia di Xbox Series X/S pada hari peluncurannya. Pihak Larian Studios menjelaskan bahwa ini sama sekali bukan karena mereka punya kesepakatan eksklusif dengan Sony, melainkan karena kendala teknis yang mereka alami selagi menggarap versi Xbox-nya.

Dalam sebuah pernyataan seperti dikutip oleh GameSpot, Larian menjelaskan bahwa mereka sejauh ini masih belum bisa merealisasikan fitur split-screen co-op tadi dengan baik pada Xbox Series S — kemungkinan karena keterbatasan performa yang dialami Series S.

Lalu kenapa tidak merilis Baldur's Gate di Xbox Series X saja, yang memang punya performa lebih superior ketimbang Series S? Well, kenyataannya tidak segampang itu, sebab untuk bisa tersedia di platform next-gen Xbox, developer harus menyiapkan game-nya untuk konsol Series X dan Series S sekaligus.

Setidaknya untuk sekarang, Larian masih aktif mengerjakan Baldur's Gate 3 untuk platform Xbox. Namun soal kepastian perilisannya, Larian tidak berani memberikan janji apa-apa.

Via: Polygon.