18 September 2018

by Ayyub Mustofa

Tales of Vesperia: Definitive Edition Dapatkan Dua Edisi Terbatas Berbeda

Edisi Amerika Serikat memiliki bonus pernak-pernik berbeda dari edisi Eropa dan Asia Tenggara

Ketika pertama kali diungkap oleh Bandai Namco, kabar tentang perilisan Tales of Vesperia: Definitive Edition langsung menimbulkan kehebohan di kalangan penggemar seri Tales. Bagi yang tak familier mungkin kabar ini biasa saja, tapi para fans garis keras tahu bahwa Tales of Vesperia adalah salah satu Tales terbaik sepanjang masa. Baik itu dari sisi cerita, soundtrack, tata permainan, hingga sulih suara.

Malangnya, pasar di luar Jepang tak pernah mendapat Tales of Vesperia dalam wujud sempurna. Game ini dahulu muncul pertama kali pada tahun 2008 eksklusif untuk Xbox 360. Namun Bandai Namco merilisnya juga di PS3 setahun kemudian. Versi PS3 memiliki konten tambahan yang cukup banyak, termasuk cerita baru, karakter playable baru, serta konten sulih suara dua kali lipat lebih banyak. Tapi versi ini hanya dirilis di Jepang.

Tales of Vesperia: Definitive Edition - Anniversary Edition | Sumber: Bandai Namco

Versi remaster Tales of Vesperia akhirnya menyajikan seluruh konten tambahan itu dalam bahasa Inggris. Tentu saja sambil dipoles dengan perbaikan visual untuk hardware modern. Kini kita semua bisa menikmati petualangan Yuri Lowell secara lengkap. Khusus bagi para kolektor, Bandai Namco menyediakan edisi terbatas berisi pernak-pernik menarik.

Wilayah Amerika Serikat mendapat bundel yang disebut Anniversary Edition, sementara wilayah Eropa dan Asia Tenggara mendapat bundel bernama Premium Edition. Keduanya memiliki isi sedikit berbeda.

Tales of Vesperia: Definitive Edition - Premium Edition | Sumber: All Games Delta

Baik Anniversary Edition maupun Premium Edition sama-sama berisi game Tales of Vesperia, Memorial Art Book, serta metal case bergambar Repede. Tapi selain itu, pembeli Anniversary Edition akan mendapat diorama display dan tiga gantungan kunci karakter Tales of Vesperia. Sedangkan Premium Edition akan berisi empat CD soundtrack, collectible cards, satu set pin badge, serta satu set stiker karakter chibi.

Anniversary Edition dijual dengan harga US$99,99 (sekitar Rp1,47 juta), lebih mahal daripada versi Premium Edition yang hanya €69.99 (sekitar RP1,22 juta). Premium Edition untuk Switch punya harga berbeda sendiri, yaitu €79.99, tapi itu pun masih lebih murah daripada edisi Amerika.

Tales of Vesperia: Definitive Edition | Sumber: Bandai Namco

Melihat konten-konten yang ditawarkan, sepertinya Tales of Vesperia: Definitive Edition – Premium Edition adalah versi yang paling layak dikoleksi. Tapi pada akhirnya semua kembali ke selera masing-masing. Tales of Vesperia: Definitive Edition akan dirilis pada tanggal 11 Januari 2019 untuk PS4, Xbox One, Switch, dan PC. Mana versi yang Anda inginkan?

Sumber: Siliconera, All Games Delta