Esports Ecosystem

Tak Kalah dengan MOBA dan Battle Royale, Super Mario Kini Menjadi Esports

16 May 2019 | Ayyub Mustofa
Nintendo menggelar turnamen bertajuk Super Mario Maker 2 Invitational 2019 menjelang acara E3 nanti.

Esports bukan hanya untuk game yang sifatnya pertarungan seperti MOBA atau battle royale. Pada dasarnya, selama sebuah game memiliki suatu sistem scoring, game tersebut pastilah dapat dimainkan secara kompetitif. Bahkan game seperti Tetris sekalipun. Jadi bukan hal aneh bila kemudian Nintendo mengadakan turnamen untuk salah satu franchise klasik paling terkenal mereka, yaitu Super Mario Bros.

Diumumkan dalam tayangan Direct di tanggal 15 Mei kemarin, game yang digunakan dalam kompetisi ini bukanlah seri utama Super Mario Bros. ataupun Super Mario Odyssey yang beberapa waktu lalu dirilis untuk Nintendo Switch, melainkan game yang baru akan dirilis di bulan Juni mendatang: Super Mario Maker 2. Pemilihan game ini justru lebih menantang, karena bila Anda tahu, seri Super Mario Maker memungkinkan para pemain untuk mendesain level sendiri. Termasuk level-level dengan tingkat kesulitan yang sangat ekstrem.

Super Mario Maker 2 - Screenshot 1
Super Mario Maker 2 memungkinkan Anda merancang sesuka hati | Sumber: Nintendo

Super Mario Maker 2 muncul dengan berbagai fitur baru yang tidak ada di prekuelnya. Contohnya alat untuk memanipulasi gravitasi, mengubah ketinggian air dan lahar di tengah level, menciptakan perosotan (slope), hingga mengganti waktu antara siang dan malam. Jadi jangan kira Super Mario Maker pertama sudah maksimal kompleksnya, karena alat-alat baru ini akan membuat desain level yang muncul akan lebih kreatif lagi.

Super Mario Maker 2 - Screenshot 2
Penuh dengan berbagi fitur kreasi baru | Sumber: Nintendo

Satu fitur besar yang sebelumnya tidak ada yaitu kita dapat merancang level dengan gaya visual alias Game Style ala Super Mario 3D World. Game Style ini berbeda drastis dari gaya-gaya visual lainnya, karena mengandung unsur-unsur 3D seperti game aslinya di Wii U dulu. Contohnya, kita dapat meletakkan musuh yang akan bergerak dari dalam ke luar layar. Mario juga bisa memanjat dinding dan menyetir mobil, ditambah lagi variasi musuh yang muncul pun berbeda dan lebih kompleks dari biasanya.

Fasilitas untuk mengunggah serta mengunduh level lewat internet kembali tersedia, lengkap dengan Leaderboard untuk mengadu kemampuan dengan para penggemar Mario di seluruh dunia. Kali ini kita juga dapat bermain bersama orang-orang lain secara online lewat mode bernama Course World. Tersedia fitur kooperatif maupun versus, jadi bisa ditebak bahwa kemungkinan mode inilah yang akan digunakan dalam turnamen nantinya.

Super Mario Maker 2 - Screenshot 3
Game Style baru berbasis Super Mario 3D World | Sumber: Nintendo

Turnamen itu sendiri bernama Super Mario Maker 2 Invitational 2019, dan akan digelar pada tanggal 8 Juni 2019 menjelang acara E3 2019. Dalam turnamen ini, Nintendo mengundang pemain-pemain pilihan untuk beradu kemampuan dalam menyelesaikan berbagai level yang telah dirancang khusus oleh divisi pengembangan game Nintendo of America, yaitu Nintendo Treehouse.

Selain Super Mario Maker 2 Invitational 2019, di tanggal yang sama Nintendo juga menggelar dua kompetisi lain yaitu Super Smash Bros. Ultimate World Championship 2019 3v3 serta Splatoon 2 World Championship 2019. Seri Super Smash Bros. dan Splatoon memang sudah lama dikenal memiliki skena kompetitif, tapi dalam waktu dekat mereka akan kedatangan kawan baru dari seri Super Mario Maker.

Super Mario Maker 2 - Screenshot 4
Fitur multiplayer di Super Mario Maker 2 | Sumber: Nintendo

Pasti akan seru sekali bila Nintendo meluncurkan turnamen Super Mario Maker tingkat dunia, apalagi di luar sana banyak sekali speedrunner berdedikasi yang sangat ahli memainkan seri Super Mario Bros. Super Mario Maker 2 sendiri akan dirilis eksklusif untuk Nintendo Switch pada tanggal 28 Juni 2019. Jangan sampai kelewatan bila Anda merupakan penggemar setia seri Super Mario Bros.!

Sumber: Nintendo via GameSpot