Dark
Light

Tahukah Anda: iMac Hampir Dinamakan MacMan Oleh Steve Jobs

1 min read
August 19, 2012

Ken Segall, seorang konsultan kreatif yang dulu bekerja bersama Steve Jobs dalam memberikan nama untuk produk terbaru Apple. Pada tahun 2008 Ken bersama dengan tim kreatifnya ditugaskan untuk memberi nama produk Apple yang saat itu diberi kode C1, dimana “C” adalah kependekan dari “Consumer”.

C1 memang merupakan salah satu produk andalan Apple kala itu, di saat Apple sedang di ambang kehancuran Steve Jobs harus keluar dengan produk yang luar biasa atau Apple akan mati. Apple mempertaruhkan segalanya dengan C1, tentunya nama menjadi salah satu faktor yang krusial bagi Steve Jobs.

Steve memiliki beberapa kriteria untuk nama produknya, antara lain: pendek, mengandung kata “Mac” dan juga harus mencerminkan produk Apple yang revolusioner. Tim dari Apple sendiri sudah memiliki nama yang mereka sukai, yaitu “MacMan”, yang dicetuskan oleh Phil Schiller, manager marketing Apple. Ken dan tim-nya tidak setuju karena adanya penggunaan kata “Man” bisa mendireksikan produk tersebut hanya untuk pria.

Steve Jobs memberikan ultimatum kepada Ken, jika dia dan tim-nya tidak memiliki nama yang lebih bagus dari MacMan, maka perangkat tersebut akan segera diproduksi dan dipromosikan sebagai MacMan. Ken dan tim-nya kemudian keluar dengan beberapa usulan nama seperti MiniMac, dan salah satunya adalah “iMac”.

Awalnya, Steve Jobs membenci nama “iMac” dan lebih memilih MacMan, hingga Ken frustrasi untuk membujuk Steve menggunakan nama lain selain MacMan. Setelah berkali-kali mencoba membujuk dan gagal, Steve justru berbincang dengan para karyawan dan staffnya dan menanyakan pendapat mereka mengenai nama “iMac” dibandingkan dengan MacMan. Hasil dari perbincangan dengan karyawan internal Apple, ternyata “iMac” lebih populer.

Dari situlah akhirnya Steve Jobs yang tadinya membenci dan menolak nama “iMac” akhirnya mendengarkan pendapat tim-nya dan keluar dengan nama “iMac”, sebuah nama yang melegenda, yang memulai penggunaan huruf “i” di hampir semua produk-produk Apple. Menurut Ken, huruf “i” di depan bisa diartikan sebagai “imagination”, “individual”, “internet” dan lain-lain.

sumber: fastcodesign

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Antisipasi iPhone 5, Saham Apple Melonjak Drastis

Next Story

[Dailyssimo] YouTube Menjadi Tempat Utama Menonton Video Online di Emerging Asia

Latest from Blog

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri

Apple iPhone 15 Event: Semua yang Perlu Anda Ketahui Ada di Sini

Kehadiran iPhone 15 pada tahun ini memang membawa arus hype