T1 Juara Turnamen Wild Rift Resmi Pertama di 2022

WCK Preseason Invitational 2022 jadi turnamen resmi pertama besutan Riot Games di Korea Selatan.

Sebagai salah satu tim unggulan, T1 kembali menorehkan gelar juara. Kali ini divisi Wild Rift milik mereka sukses menjuarai turnamen WCK Preseason Invitational 2022.

Turnamen tersebut digelar pada akhir tahun 2021 atau sekitar tanggal 27 Desember hingga 3 Januari 2022. Meski begitu, Riot Games tetap memasukkan seri satu ini di kalender esports tahun 2022.

Turnamen dengan nama lengkap Wild Rift Champions Korea (WCK) Preseason Invitational 2022 ini digelar di Seoul, Korea Selatan. Uniknya, pada babak grandfinal tim yang bertanding bisa dibilang rival abadi yaitu T1 melawan KT Rolster.

Sumber: T1

T1 sukses menundukkan KT Rolster dengan torehan skor 3-0 tanpa balas di babak grand final. Hasil ini sangat mengejutkan, mengingat lawan T1 di semifinal, Freecs, mampu mencuri satu poin meski kalah dengan skor 3-1.

Di sisi lain, KT Rolster tampil dominan dengan skor 3-0 melawan SANDBOX Gaming pada babak semifinal.

Langkah T1 menjadi juara juga cukup mudah, karena tidak ada perlawanan berarti dari KT Rolster selama 3 pertandingan yang bergulir. Kemenangan ini membuat tim T1 berhak membawa hadiah utama sebesar 15 juta Won atau sekitar Rp180 juta.

Total hadiah yang dibawa Riot Games untuk ajang WCK Preseason Invitational sendiri sebesar $42,000 atau sekitar Rp600 juta.

Perkembangan Ranah Esports Wild Rift Dunia

Sumber: Riot Games

Kemenangan T1 membawa angin segar, apalagi Riot Games terang-terangan mengenalkan WCK Preseason Invitational 2022.

Sebenarnya, Wild Rift sendiri masih dalam tahap beta sejak dirilis pada akhir tahun 2020 silam. Kompetisi yang digelar sendiri tidak memiliki hadiah yang banyak dan sekadar ajang ekshibisi.

Horizon Cup 2021 yang digelar di Singapura sendiri menjadi ajang Wild Rift dengan total hadiah terbesar hingga saat ini yaitu $500,000. Tim asal Tiongkok, Da Kun Gaming (DKG) mampu menjadi juara setelah mengalahkan ThunderTalk Gaming lewat skor 4-2.

Kian serius di ranah esports, Riot Games mengatakan bahwa tahun 2021 bisa dibilang sebagai fase pramusim untuk game Wild Rift. Leo Faria selaku Director Esports di Riot Games mengatakan bahwa rencana esports Wild Rift tahun 2022 siap diumumkan.

Salah satu turnamen yang akan digelar adalah Wild Rift Tour di Brasil pada tahun 2022. Format yang lebih besar, pertandingan yang digelar secara LAN dan membawa total hadiah sebesar $246,000.

Kabar baik lainnya adalah Indonesia juga mendapatkan jatah turnamen resmi Riot Games yaitu Wild Rift Champion SEA 2022 - Indonesia. Nantinya Riot Games akan berkolaborasi dengan OneUp Organizer untuk menggelar turnamen tersebut dengan total hadiah sebesar $100,000 atau sekitar Rp1,4 miliar.