2 December 2016

by Bambang Winarso

SwiftKey Kini Gratiskan Tema-tema Premiumnya

Dengan kebijakan baru ini, maka SwiftKey dapat digunakan dan dipercantik dengan tema tanpa biaya sepeserpun

Mulai 1 Desember kemarin, aplikasi pihak ketiga SwiftKey menggratiskan semua tema untuk pengguna Android dan iOS. Pengguna Android dapat mengakses tema dengan men-tap ikon hamburger untuk menuju SwiftKey Hub. Di panel Theme, ada lebih dari 100 tema tersedia tanpa biaya, memungkinkan pengguna untuk mempercantik tampilan dan warna keyboard mereka.

Sejak digratiskan dua tahun lalu, SwiftKey harus mencari cara lain untuk menguangkan aplikasinya. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menawarkan tema berbayar yang memungkinkan pengguna memperoleh tampilan keyboard berbeda.

Sekarang, semua tema-tema yang tadinya premium dapat dinikmati secara cuma-cuma. Ada lebih dari 100 tema premium dapat dijumpai tanpa biaya sepeserpun. Kebijakan baru ini memang bertepatan dengan musim liburan, tapi tema gratis ini tidak hanya untuk sehari tapi untuk selamanya! Mulai dari sekarang sampai seterusnya, SwiftKey tidak akan mengenakan biaya apapun kepada pengguna yang ingin mempercantik keyboard-nya.

SwiftKey sendiri tidak menyebutkan apa rencana mereka untuk menguangkan aplikasi. Tampaknya, kebijakan ini banyak dipengaruhi oleh statusnya yang kini dimiliki oleh perusahaan raksasa Microsoft sejak Februari silam. Tetapi saya khawatir kebijakan ini menimbulkan konsekuensi lainnya.

Setelah diakuisisi oleh Microsoft, tim di belakang SwiftKey terhubung oleh garis komando langsung dari sang pemilik. Bukan tak mungkin setelah ini tim tersebut akan mendapatkan tugas baru untuk mengerjakan proyek-proyek masa depan Microsoft. Kira-kira dampaknya kita mungkin akan semakin jarang menemukan update terbaru untuk SwiftKey, tidak seperti ketika tim hanya fokus ke pengembangan aplikasi. Tapi, kita lihat ke depannya bagaimana.

Application Information Will Show Up Here

 

Sumber berita SwiftKey.