Dark
Light

Survei Steam Menyatakan Bahwa Intel Masih Mendominasi PC

1 min read
August 14, 2013

Terpujilah Valve! Bukan hanya mereka jenius dalam membuat game serta mampu menciptakan sistem distribusi software digital yang paling canggih dan paling dapat diandalkan (game dan non game), mereka juga sangat mempermudah kami para pekerja di bidang teknologi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Salah satunya adalah dari hasil survei Steam bulan Juli 2013 lalu, yang menunjukkan data yang cukup unik. Apa saja, mari kita simak.

Sebelum kita membahas hal ini lebih jauh, perlu diingat bahwa survei ini adalah hasil pengumpulan data digital yang terdeteksi oleh tiap client Steam yang diinstal di komputer pengguna. Walaupun digunakan hampir di seluruh penjuru dunia, Steam bukanlah software yang tergolong populer di tanah air.

Seperti yang kita tahu, gamer menggunakan Steam sebagai media untuk membeli dan mendapatkan harga-harga serta diskon game terbaik. Sayangnya, kesadaran gamer nusantara akan pentingnya membeli game orisinil yang masih tergolong rendah – dan belum merakyatnya pembayaran online via PayPal atau sejenisnya – membuat software ini kurang populer di Indonesia. Maka demikian, cukup susah menyatakan bahwa survei ini juga meliputi data di Indonesia. Terberkatilah Anda, para gamer yang selalu membeli versi orisinil!

Dari data yang dirilis Valve ini, satu hal yang tidak mengagetkan adalah persentase sistem operasi di PC para gamer. Microsoft Windows 7 64 bit (versi yang mendukung memori RAM lebih dari 3GB) masih menjadi andalan mereka dalam menikmati dunia digital, walaupun jumlahnya berkurang tipis dibandingkan di awal Februari lalu sebesar 1,16%. Posisi kedua ditempati oleh Windows 8 64 bit dengan 13,34%. Tampaknya para user masih dihantui masalah teknis dan kenyamanan yang menjangkiti OS terbaru Microsoft di awal perilisannya.

Dan tampaknya walaupun strategi marketing AMD yang semakin gencar, klaim Nvidia di Electronic Entertainment Expo 2013 lalu yang menyebutkan bahwa mereka masih memimpin jalannya perang visual terbukti benar: kartu grafis Nvidia masih menjadi pilihan utama lebih dari separuh gamer pengguna Steam.

Namun Anda akan kaget jika mencari kartu grafis apa yang paling populer di kalangan pengguna Steam, urutan pertama dan kedua ditempati oleh GPU paling merakyat di dunia: HD 3000 dan HD 4000. Hal ini membuktikan bahwa menjadi seorang PC gamer tidak perlu harus memiliki PC ribuan dolar dan memainkan game-game terbaru dengan grafis terbaik.

Berhubungan dengan hal tersebut, produk prosesor AMD yang seharusnya menjadi pilihan utama gamer budget mengalami penurunan. Lucunya, Intel yang diklaim selalu memiliki produk-produk prosesor dengan harga kurang bersahabat terbukti berdiri tinggi dan membayangi AMD dengan persentase user sebesar 73,5%.

Yang terakhir, jika Anda menengok bagan perangkat Apple (Yup, pengguna Apple juga mendapatkan banyak benefit dari Steam), penggunaan MacBook Pro semakin populer dan perlahan-lahan mulai menggeser saudara-saudara perangkat Apple yang lain.

Data lengkapnya bisa Anda lihat di sini.

Sumber header gambar: Bulatnikov/Shutterstock.

Previous Story

[Rumor] Update Bocoran Spesifikasi Galaxy Note 3

Next Story

Facebook Siapkan Aplikasi Khusus Selebriti?

Latest from Blog

Don't Miss

Minat Beli Smartphone di Tengah Melemahnya Rupiah, Gunakan Saluran Komunikasi dengan Media 

Kondisi rupiah yang melemah atas dollar disinyalir membawa kekhawatiran pada

Ini Dia Brand Smartphone Pilihan Konsumen untuk Dibeli 

Riset terbaru dari Reasance, sebuah divisi riset dari SEQARA Communications,