Dark
Light

Survei ‘Music 360’ dari Nielsen Melaporkan Radio Masih Dominan, Remaja Pilih YouTube

by
1 min read
August 16, 2012

Dua hari kemarin Nielsen baru saja merilis laporan terbaru mereka, Music 360, yang mencoba menggali berbagai data yang berhubungan dengan interaksi musik di US.

Dari laporan yang mensurvei 3.000 orang secara online ini muncul beberapa data menarik tentang pola perilaku responden survei terhadap musik, misalnya 54% dari responden memiliki aplikasi pemutar musik di smartphone mereka, ada 47% yang memiliki aplikasi radio dan 26% memiliki aplikasi toko musik di smartphone mereka.

Untuk perilaku remaja, ternyata mereka lebih memilih YouTube untuk mendengarkan musik dari pada sumber lain, ada 64% remaja US dari survei ini yang mendengarkan musik lewat YouTube, 56% dari radio, 53% melalui iTunes dan 50% remaja US mendengarkan musik dari CD.

Radio masih menjadi sumber utama bagi orang untuk menemukan musik (48%), sedangkan yang berasal dari teman atau kenalan 10% dan YouTube menjadi pilihan terakhir untuk menemukan musik dengan 7%.

Rekomendasi dari teman ternyata cukup mempengaruhi keputusan pembelian, sebanyal 54% responden berencana membeli ketika mereka mendapatkan rekomendasi positif dari teman.

Data yang cukup menarik ditengah perkembangan industri musik di era digital. Meski beberapa pilihan konsumen masih ada pada sumber atau medium konvensional seperti radio namun internet juga menjadi pilihan dalam mengakses musik. Belum lagi pertumbuhan smartphone dengan berbagai aplikasi musik. Meski data ini juga hanya melibatkan responden dari US, tetapi tentu bisa jadi bahan pelajaran untuk para pelaku industri musik tanah air.

Via DailySocial.

Previous Story

Tiket Kini Juga Layani Pemesanan Tiket Garuda Indonesia

Next Story

Mantan CEO Google Dukung Perusahaan Asal Australia biNu

Latest from Blog

Don't Miss

Fitur baru Shorts

Kejar TikTok, YouTube Tambahkan Fitur-Fitur Baru Ini di Shorts

YouTube membuat pengumuman melalui release note terbaru mereka, yang berisi
utimaco-hadirkan-solusi-keamanan-data-terkini-untuk-pelaku-industri-di-indonesia

Utimaco Hadirkan Solusi Keamanan Data Terkini untuk Pelaku Industri di Indonesia

Indonesia telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil melebihi 5% sejak