Gaming News

Street Fighter V Summer Update Umumkan 4 Karakter dan SF League

06 Aug 2020 | Akbar Priono
Dan Hibiki, Rose, Oro, dan Akira Kazama jadi 4 karakter yang diumumkan. Tak hanya itu Street Fighter League juga diumumkan hadir mulai Oktober 2020.

Tanggal 5 Agustus 2020 lalu, Capcom membagikan lanjutan perkembangan game Street Fighter V dalam sebuah tayangan bertajuk Street Fighter V Summer Update. Dalam acara tersebut Takayuki Nakayama, Street Fighter V Director, dan Shuhei Matsumoto, Street Fighter V Producer, mengumumkan beberapa proses pengembangan Street Fighter V selama musim panas ini.

Takayuki dan Shuhei mengumumkan akan ada 4 karakter baru yang diperkirakan akan rilis mulai Winter 2020. Empat karakter tersebut adalah Dan Hibiki, Rose, Oro, dan Akira Kazama. Tak hanya itu, rangkaian Street Fighter League diumumkan dalam acara tersebut, yang dibawakan oleh dua sosok shoutcaster ternama di komunitas Street Fighter, Vicious dan Tasty Steve.

Soal karakter, Takayuki dan Shuhei juga turut membahas alasan =hadirnya karakter tersebut pada DLC berikutnya, serta bagaimana kira-kira karakter tersebut akan dimunculkan di Street Fighter V. Dan Hibiki pertama kali muncul di Street Fighter Alpha dengan membawa gaya bertarung yang unik. Dalam Street Fighter V, Dan Hibiki akan tetap membawa gaya bertarung “Saikyo-ryu”, juga tentunya salah satu gerakan khas miliknya yaitu “Taunt”.

Proses pengembangan Dan Hibiki sudah berjalan cukup jauh, sehingga Capcom sempat menunjukkan Alpha Footage karakter ini. Namun, sayangnya Capcom belum bisa menunjukkan apapun untuk 3 karakter lainnya.

Rose sendiri adalah guru dari Menat, sehingga Capcom mengatakan bahwa dia akan punya gaya bertarung yang mirip-mirip, yaitu gaya tarung dengan Soul Power. Pada PlayStation Blog Capcom juga menjelaskan bahwa karakter ini awalnya dirancang memiliki toolsanti-projectile serta anti-air yang kuat. Namun kehadirannya di SFV nanti tentu akan diikuti dengan beberapa penyesuaian.

Oro, karakter unik lain yang juga ditampilkan dalam Summer Update. Uniknya Oro adalah gaya bertarungnya yang hanya menggunakan satu tangan. Orang-orang mungkin menyangka bahwa Oro memang cuma punya satu tangan, ketika ia muncul pertama kali di Street Fighter III: New Generation. Dalam Summer Update, diungkap bahwa sebenarnya ia punya dua tangan, namun tangan satunya memegang kura-kura. Kenapa kura-kura? Diceritakan bahwa ini adalah gaya bertarung dari Oro, yang mana ia menantang dirinya untuk menjaga kura-kura di tangannya seimbang. Mungkinkah ini akan menjadi bagian dari gerakan baru nantinya?

Karakter terakhir adalah Akira Kazama. Karakter ini sebenarnya datang dari seri game Rival Schools. Tapi secara cerita, Akira Kazama adalah temannya Sakura. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut soal bagaimana Akira akan disajikan di dalam game, dan Capcom hanya menyajikan sketsa penampilan karakter ini saja.

Terakhir dan tak kalah menarik ada SF League! Sajian pertarungan Street Fighter 3v3 kembali lagi tahun ini untuk region Jepang dan Amerika Serikat. SF League US dikabarkan akan hadir bulan Oktober mendatang, sementara SF League Jepang akan hadir musim Fall 2020 ini. Menariknya, Tasty Steve mengatakan akan ada gelaran SF League tingkat dunia, yang artinya mempertarungkan petarung Street Fighter dari belahan dunia lain selain AS dan Jepang. Namun belum ada informasi lebih lanjut juga seputar hal ini.

Sumber: Capcom
Sumber: Capcom

Semua karakter tersebut direncanakan hadir dari Winter 2021, dimulai dengan karakter Dan, dilanjut Rose pada Spring 2021, Oro dan Akira Kazama di Summer 2021. Terakhir, ada satu karakter rahasia yang belum diungkap oleh Capcom akan hadir Fall 2021, yang mungkin akan diberitahu pada Summer Update tahun depan.