1 August 2021

by Galih

Anda akan Bermain Jadi Seekor Kucing di Stray, Game Simulasi Kucing

Stray menjadikan Anda kucing yang tersesat di dunia Cybercity.

Game yang mengizinkan Anda menjadi binatang mungkin bukan hal yang baru lagi. Ada Goat Simulator yang dirilis pada 2014 lalu dan Untitled Goose Games yang menjadikan Anda sebagai angsa nakal. Namun kedua game simulasi binatang tadi fokus pada unsur komedinya.

Hal tadi yang kelihatannya ingin diubah oleh pengembang asal Perancis, BlueTwelve, dan penerbit Annapurna Interactive lewat game terbaru mereka yang berjudul Stray. Dalam Stray, Anda akan berperan sebagai seekor kucing liar. Namun berbeda dengan game lainnya, Stray terlihat lebih fokus pada kedalaman cerita dan visual menakjubkan yang diusungnya.

Game-nya baru saja merilis trailer gameplay terbaru yang menunjukkan lebih banyak dari apa yang akan ditawarkan. Di sini Anda akan bertualang di dunia distopia layaknya Cyberpunk dengan perkotaan kumuh yang disebut sebagai kota misterius yang terlupakan. Dari apa yang ditunjukkan trailer-nya, kota kumuh tersebut dihuni oleh robot tanpa terlihat adanya manusia.

Pemain akan memerankan seorang kucing liar dengan pergerakan, kemampuan, dan perilaku layaknya kucing di dunia nyata. Hal tersebut sepertinya akan membatasi gerakan karakter Anda namun juga memberikan pengalaman yang berbeda.

Dalam perjalannya, sang kucing akan ditemani oleh drone bernama B-12 yang akan membantu untuk berinteraksi dengan dunia sekitar selama petualangan untuk mengungkap misteri yang ada di kota tersebut.

Tantangan yang akan dihadapi oleh para pemain nantinya mayoritas akan berbentuk puzzle, yang harus dipecahkan para pemain untuk dapat melanjutkan petualangan atau bahkan kabur dari ancaman robot berbentuk kutu yang kelihatannya bisa melukai sang kucing liar.

image credit: BlueTwelve

Meskipun terlihat sebagai ancaman yang mengerikan namun di akhir trailer-nya ditunjukkan juga bahwa pemain juga akan mendapatkan senjata sejenis senter ultra-violet yang mampu meledakkan para robot kutu tersebut.

Game Stray ini awalnya diperkenalkan tahun lalu lewat teaser dan direncanakan untuk dirilis pada tahun ini. Namun dikarenakan proses pengembangan yang terhambat karena pandemi COVID-19, perilisan game ini terpaksa diundur hingga tahun depan. Stray nantinya akan dirilis untuk platform PS4, PS5, dan juga PC.