25 August 2022

by Glenn Kaonang

Stepn Gandeng Atletico Madrid Luncurkan 1.001 NFT Sepatu Sepak Bola

NFT sepatu sepak bola Atletico Madrid ini dapat dipakai untuk menghasilkan uang di aplikasi move-to-earn Stepn

Stepn terus menjadi topik pembicaraan hangat di kalangan crypto enthusiast dalam beberapa bulan terakhir. Yang terbaru, aplikasi move-to-earn itu mengumumkan kerja sama dengan klub sepak bola kenamaan asal Spanyol, Atletico Madrid. Bersama sponsor utama klub, WhaleFin, ketiganya berniat meluncurkan koleksi NFT sepatu sepak bola di aplikasi Stepn.

Buat yang kurang familier, Stepn merupakan proyek Web3 berbasis Solana yang memopulerkan konsep move-to-earn. Idenya adalah, dengan melangsungkan aktivitas seperti berjalan, berlari, maupun jogging, Anda bisa mendapatkan imbalan dalam bentuk token crypto bernama Green Satoshi Token (GST). Namun sebelum memulai itu semua, ada satu syarat yang harus dipenuhi: Anda harus membeli NFT sepatu dulu di marketplace Stepn.

Pada tanggal 26 Agustus nanti, opsi NFT sepatu yang dapat dibeli bakal bertambah seiring kolaborasi Stepn dan Atletico Madrid ini dieksekusi. Secara total, akan ada 1.001 NFT sepatu sepak bola yang dibagi menjadi tiga tingkat kelangkaan: Common, Uncommon, dan Rare. Di kategori Common, total ada 850 NFT sepatu yang masing-masing merepresentasikan kemenangan Atletico Madrid atas berbagai laga di kancah nasional maupun internasional.

Tentu saja, kategori Uncommon bakal lebih sulit ditemukan karena hanya ada 140 NFT, masing-masing dengan tema yang terinspirasi stadion milik Atletico Madrid. Terakhir, kategori Rare adalah yang paling langka dengan hanya 11 NFT saja. Setiap NFT sepatu di kategori Rare ini mewakili 11 pemain dalam formasi inti Atletico Madrid musim ini.

Semua NFT sepatu dari Atletico Madrid ini bakal hadir membawa sejumlah utilitas ekstra. Yang paling utama adalah kesempatan untuk memenangkan tiket kunjungan ke Spanyol, lengkap dengan akomodasi hotel dan tiket pertandingan di kandang Atletico Madrid, Civitas Metropolitano. Khusus bagi yang membeli NFT sepatu Uncommon, mereka akan mendapatkan jersey resmi Atletico Madrid, sementara pemilik NFT sepatu Rare bakal menerima bonus hadiah yang sama, tapi yang sudah ditandatangani oleh kapten tim.

Sejauh ini belum ada informasi soal harga yang dipatok untuk masing-masing NFT sepatu sepak bola Atletico Madrid ini. Namun yang pasti, pihak klub berniat untuk menyumbangkan 10% dari hasil penjualannya demi keperluan akademi sepak bola.

Sumber: NFT Plazas dan Atletico Madrid.