Gaming News

Steam Summer Sale 2019 Dimulai, Ayo Kita Cari Penawaran Terbaik Musim Ini

27 Jun 2019 | Yoga Wisesa
Fitur Boost Meter memang membingungkan, tapi saran saya, fokuskan saja perhatian Anda pada belanja game...

Pertengahan tahun merupakan periode paling nanti oleh para gamer karena biasanya tak lama setelah Electronic Entertainment Expo usai, para publisher dan penyedia layanan distribusi melangsungkan program diskon terhadap permainan-permainan yang dijual di platform mereka. Dan di antara nama-nama familier di ranah gaming, Steam Sale tentu saja ialah yang paling populer.

Tepat di tanggal 25 Juni kemarin, Valve Corporation resmi memulai Summer Sale bertema Steam Grand Prix. Event diskon game besar-besaran ini rencananya akan berlangsung hingga tanggal 9 Juli 2019, dan itu berarti kita diberikan waktu selama dua minggu untuk kembali mengumpulkan backlog (sembari menumpuk rasa bersalah, karena saya tahu kita punya daftar panjang permainan yang masih belum diselesaikan).

Meski mengusung tema berbeda, Steam Summer Sale 2019 disajikan secara familier. Valve akan meng-update susunan dan tampilannya setiap hari, menyodorkan kita penawaran-penawaran yang sulit ditolak. Dan lewat artikel ini, saya mencoba memandu Anda untuk menemukan harga terbaik.

Steam Grand Prix Summer Sale 1

Baiklah untuk mulai berbelanja, silakan buka page Steam atau log-in via software client dan Anda akan segera disambut laman utama Summer Sale. Saat artikel ini ditulis, Valve meng-highlight tiga judul blockbuster baru yang mendapatkan diskon cukup besar, yaitu Resident Evil 2 remake (Rp 330 ribu), Far Cry New Dawn (Rp 260 ribu), dan Sekiro: Shadows Die Twice (Rp 583 ribu). Lebih lengkapnya, Steam menyediakan kolom ‘More Featured’ di bawah dengan potongan harga yang bervariasi.

Steam Grand Prix Summer Sale 3

Selanjutnya, Steam membagi permainan dalam genre, misalnya ada action role-playing dan simulasi mengemudi. Jika tak bisa menemukan judul yang sedang dicari, jangan lupa klik tombol ‘see more…‘ di pojok kanan bawah dan Anda segera disodorkan daftar lengkap game di genre itu. Seperti biasa, Anda juga bisa mengurutkan permainan berdasarkan kategori ‘New and Trending’, kepopuleran, hingga penjualan terlaris.

Scroll lebih jauh ke bawah, dan Anda akan menjumpai potongan harga tertinggi (sampai 75 persen) serta permainan-permainan dengan harga Rp 90 ribu ke bawah. Jangan terburu-buru, karena ada pula opsi game seharga kurang dari Rp 45 ribu.

Steam Grand Prix Summer Sale 2
Untuk sekarang 10 produk terlaris di Steam Grand Prix Summer Sale meliputi:

  1. The International 2019 Battle Level Bundle
  2. Monster Hunter: World
  3. PlayerUnknown’s Battlegrounds
  4. Grand Theft Auto V
  5. Sekiro: Shadows Die Twice
  6. Rust
  7. Borderlands: The Handsome Collection
  8. The Witcher 3: Wild Hunt – Game of the Year Edition
  9. Total War: Three Kingdoms
  10. Divinity: Original Sin 2 – Definitive Edition

Valve juga mengimplementasikan sejumlah fitur untuk membuat Summer Sale 2019 jadi tambah seru, berupa Boost Meter yang dipengaruhi pembelian dan wish list Anda. Secara teori, penyajiannya seharusnya sederhana, tetapi prakteknya cukup membingungkan dan jadi pembahasan seru (dan penuh meme) di Reddit. Anda tak perlu memusingkan hal ini, cukup beli apapun yang Anda inginkan selama Steam Summer Sale berlangsung…