Dark
Light

Statistik Opera Mini: 77% Pengguna Indonesia Akses Facebook.com

1 min read
May 26, 2011

Opera, dalam statistiknya untuk pengaksesan Opera Mini bulan April 2011 yang fokus untuk pengaksesan situs-situs social media, menunjukkan fakta jelas bahwa Indonesia adalah “Republik Facebook”. 77% pengguna peramban Opera Mini mengakses situs Facebook.com, di mana angka tersebut setara dengan 69% total pageviews oleh pengguna Opera Mini di Indonesia. Angka ini serupa dengan Filipina dan merupakan persentase terbesar untuk statistik social media di dunia.

Terdapat pengecualian di sejumlah negara tertentu di mana Facebook tidak mendominasi. Di Brazil, 40% pengguna mengakses orkut.com yang dimiliki oleh Google. Di bekas negara Uni Soviet, vkontakte.ru mendominasi, yaitu 47% di Rusia dan 11% di Kazakhstan. Nilai yang lebih kecil diperoleh oleh renren.com di Cina (4%) dan zing.vn di Vietnam (9%).

Khusus untuk Indonesia sendiri, walaupun terjadi penurunan 3% terhadap pertumbuhan pageviews ketimbang bulan April 2010 lalu, terjadi peningkatan sebesar 41.9% untuk unique user di periode yang sama. Menurut statistik tersebut, secara rata-rata setiap pengguna mengakses 477 halaman (pageviews) dengan rata-rata data ditransfer sebesar 5MB per pengguna.

Selain Facebook.com, sejumlah nama yang “itu lagi itu lagi” mendominasi 10 besar pengaksesan menggunakan Opera Mini, dengan detik.com dan vivanews.com menjadi dua situs lokal yang berhasil menembus 10 situs terbaik. Detik berhasil berada di urutan ketiga, setelah Facebook dan Google, sementara Vivanews berada di urutan paling buncit. Twitter.com sendiri menduduki posisi ke-5. Untuk 10 handset pengguna Opera terbesar, kesemuanya didominasi oleh Nokia dengan Nokia 5130 XpressMusic sebagai pemuncak, diikuti oleh Nokia C3 dan Nokia 2700c.

Secara total, Indonesia masih menjadi negara pengguna Opera Mini kedua terbesar di dunia setelah Rusia. Secara umum, statistik di Indonesia masih mirip dengan di Filipina, meskipun di Indonesia Friendster tidak lagi masuk dalam 10 besar situs yang diakses. Di Filipina sendiri, Friendster masih bertahan di posisi ke-5.

Indonesia saat ini menjadi negara pengakses terbesar Facebook terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Saat ini ditaksir pengguna Internet di Indonesia mencapai hampir 50 juta orang, dengan penetrasi telepon seluler mencapai 180 juta pelanggan.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Event: APAC MLearning Conference 2011

Next Story

[Guest Post] Kesuksesan di Web pada Era LinkedIn

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi

Alasan Meta Rilis Threads, Pesaing Twitter

Elon Musk resmi membeli Twitter seharga US$44 miliar pada Oktober