10 March 2023

by Daniel Hamiaz

Starfield Dapatkan Tanggal Rilis di Bulan September

Bethesda berniat menyingkap lebih banyak detail tentang Starfield di bulan Juni

Ada kabar terbaru mengenai Starfield, sebuah game action RPG bertemakan luar angkasa yang pertama kali diumumkan pada E3 2018 silam. Bethesda baru saja mengumumkan bahwa Starfield dipastikan rilis pada tanggal 6 September 2023.

Sebelumnya, Starfield sempat ditunda dari tahun 2022 akhir ke semester pertama tahun 2023. Jadi, dengan pengumuman tanggal rilis yang jatuh pada bulan September tadi, sebenarnya secara tidak langsung terjadi penundaan lagi walaupun tidak banyak.

Tak hanya itu, Bethesda juga akan menyiapkan sebuah presentasi spesial yang disebut "Starfield Direct", yang dijadwalkan berlangsung pada 11 Juni 2023. Rencananya, Starfield akan dirilis untuk Xbox Series dan PC.

Sebagai Game Director, Todd Howard membawakan sejumlah pesan mengenai apa saja yang Starfield akan tawarkan nantinya. Ia menjanjikan akan ada lebih dari 1.000 planet dengan 150 ribu dialog yang akan menghiasi game tersebut. Sebuah angka yang cukup fantastis yang semestinya akan berbanding lurus dengan storage yang diperlukan untuk bermain game ini.

Dalam video yang disematkan, mereka hanya menampilkan sejumlah cutscene sinematik saja, yang tidak terlalu banyak memberikan detail mengenai gameplay. Namun demikian, Bethesda telah berjanji akan membuka lebih banyak detail dalam presentasi spesial Starfield Direct.

"Kami mengerti Anda telah menunggu cukup lama untuk memainkan game yang baru dari kami. Percaya atau tidak, kami juga merasakan hal yang sama. Kami merindukannya. Dan kami tidak sabar untuk Anda memainkannya. Terima kasih dan sampai jumpa kembali," tutup Todd di akhir video.

Yang menarik dari penutup video tersebut adalah, jarak antara IP terakhir Bethesda dengan Starfield adalah sekitar 25 tahun. Jadi tak heran jika mereka sedikit menyentil kiprah mereka sendiri dalam memeras franchise game mereka sebelumnya.

Bethesda Game Studios merupakan sebuah studio yang berhasil menelurkan sejumlah game dengan aspek world-building yang kompleks. Dua di antaranya adalah seri Fallout dan The Elder Scrolls. Dan sama dengan kedua game tersebut, Bethesda juga akan mendukung modding untuk Starfield.

Selain Starfield, setidaknya ada dua game baru lain dari Bethesda yang akan dirilis eksklusif untuk Xbox dan PC.