20 February 2014

by Yoga Wisesa

Square Enix: Trilogi Final Fantasy XIII Awalnya Dibuat di PC

Square Enix memiliki hubungan yang bisa dibilang sangat unik dengan para konsumen di PC. Setelah mengakuisisi Eidos di tahun 2009, mereka gencar merilis game-game papan atas di platform ini, seperti Tomb Raider, Hitman, Deus Ex dan Thief terbaru. Namun mengapa mereka tidak pernah meluncurkan title Final Fantasy kecuali dua buah game MMORPG di PC?

Sayang dua game MMO di bawah namanya bukanlah judul terbaik Final Fantasy, mereka adalah Final Fantasy XI dan Final Fantasy IV. Kita bisa mengerti mengapa sang developer enggan melepas game mereka ke semua platform.

Final Fantasy berakar dari console, tiga game pertama mereka dirilis untuk Nintendo Entertainment System dan selama belasan tahun brand PlayStation-lah yang mendapat kehormatan untuk menjadi rumah bagi seri JRPG legendaris ini.

 

Info menarik: Game Android Terpilih 9 – 15 Februari 2014

 

Saat Square Enix mencoba memperluas pangsa pasar mereka ke khalayak yang lebih luas dengan mengumumkan bahwa Final Fantasy XIII akan dirilis untuk PlayStation 3 dan Xbox 360, para elitis Sony merasa terusik. Mungkin keluhan mereka membuat developer/publisher ini berpikir dua kali untuk merilis franchise Final Fantasy di platform lain - lagi pula, tidak ada yang lebih penting dari fans setia bukan?

Berbicara dengan Eurogamer, sang produser Yoshinori Kitase, membocorkan apa sebenarnya alasan mereka untuk mengambil langkah ini. Dan ia membuka obrolan dengan hal yang tidak kita duga sebelumnya, "Jangan lupa, saat kami menggarap seri Final Fantasy XIII, di awal perkembangan ketiga game ini kami merancangnya untuk PC."

Untuk sebuah game yang tidak pernah dirilis di PC - Final Fantasy XIII, XII-2 dan yang teranyar Lighting Returns - pada dasarnya adalah port dari PC. Kitase melanjutkan, "Jika dilihat dari sudut pandang teknologi, sangat mungkin bagi kami untuk membuat versi PC-nya, namun kami mengurungkan niat tersebut karena dua hal: setelah kami pelajari situasi pasar, kami pikir langkah tersebut bukanlah ide yang baik, dan kami harus memikirkan segala hal rumit tentang implementasi fitur keamanan. Jadi kami putuskan untuk tidak melakukannya."

 

Info menarik: WhatsApp Akan Jadi Milik Facebook

 

"Namun kami sadar terdapat potensi di dalamnya [pasar PC], dan terdapat wilayah dan negara dimana PC sangat kuat. Jadi jika dilihat dari visi kami untuk menyajikan game ke seluruh penjuru dunia agar bisa dinikmati oleh semua gamer, tentu saja kami sangat tertarik untuk mengejar pasar PC di masa depan," jelas Kitase.

Square Enix menyadari hal ini setelah merilis Final Fantasy VII dan VIII di Steam - tentu bertahun-tahun setelah peluncuran perdananya di PlayStation pertama.

"Ternyata mereka sangat populer," ungkapnya. Ia meneruskan, "Hal tersebut merupakan awal bagi kami. Kami belum memiliki banyak pengalaman di sana [pasar PC]. Jadi saat kami sudah mulai paham dan berpengalaman dalam pasar tersebut, kami akan mulai bermain di sana." Penjualan dua FFXII dan XIII terbukti sangat sukses jauh dibandingkan perkiraan mereka sebelumnya.

Sayangnya pernyataan ini masih belum terealisasikan dengan konkret. Anda ingat bahwa Square Enix mengumumkan Final Fantasy XV pada bulan Juni tahun lalu? Sejauh ini mereka hanya baru akan meluncurkannya untuk Xbox One dan PlayStation 4.

Sumber Eurogamer. Gambar header: LightningReturns.com.