24 February 2023

by Glenn Kaonang

Spotify Uji Fitur Playlist yang Hanya Dapat Diakses oleh Pemegang NFT

Sementara baru tersedia di beberapa negara, fitur ini memungkinkan pelanggan untuk mengakses playlist eksklusif dari sejumlah proyek Web3

Salah satu fungsi NFT yang kerap digembar-gemborkan selama ini adalah sebagai kartu akses untuk membuka suatu pengalaman eksklusif. Yang dimaksud pengalaman eksklusif tentu bisa bermacam-macam, dan dalam kamus Spotify, salah satu contohnya bisa berupa playlist khusus yang hanya dapat diakses oleh pemegang aset NFT.

Spotify menamainya "token-enabled playlist", dan fitur ini sedang mereka uji bersama para pelanggan di sejumlah negara. Sebagai langkah awal, Spotify menggandeng empat proyek Web3 sebagai mitranya: Fluf, Moonbirds, Kingship, dan Overlord, yang masing-masing telah menyiapkan playlist khusus bagi para pemegang aset NFT-nya.

Lewat Twitter, Overlord mengumumkan bahwa para pemegang NFT Creepz sudah bisa menghubungkan wallet-nya ke Spotify untuk mengakses playlist eksklusif hasil kurasi mereka yang diberi judul "Invasion".

Kingship, band virtual beranggotakan karakter Bored Ape dan Mutant Ape Yacht Club yang berada di bawah naungan Universal Music Group, turut mengumumkan hal serupa melalui akun Twitter-nya. Dijelaskan bahwa untuk bisa mengakses playlist eksklusif besutannya, pengguna harus menyambungkan wallet yang berisikan NFT Kingship Key Card di dalamnya.

Setidaknya untuk sekarang, fitur ini baru tersedia bagi para pelanggan Spotify yang berada di Amerika Serikat, Inggris Raya, Jerman, Australia, dan Selandia Baru. Pelanggan juga wajib menggunakan aplikasi Spotify versi Android, sebab seperti yang kita tahu, Apple memberlakukan peraturan yang cukup ketat terkait NFT di platform iOS.

Sayangnya Spotify sejauh ini belum berbicara banyak terkait ketersediaan fitur ini di negara-negara lain. Kepada CoinDesk, Spotify hanya bilang bahwa ini merupakan satu dari sejumlah pengujian yang sedang mereka lakukan.

Token-enabled playlist juga bukan eksperimen pertama Spotify dengan NFT. Tahun lalu, Spotify pun sempat menguji fitur yang memungkinkan sejumlah artis untuk mempromosikan NFT bikinannya.

Apakah Spotify akan terus mendalami dunia Web3 masih tanda tanya. Namun satu hal yang pasti, industri musik cenderung menerima keberadaan tren NFT dengan tangan terbuka, terbukti dari banyaknya platform NFT musik yang tersedia.

Via: TechCrunch. Gambar header: Alexander Shatov via Unsplash.