26 April 2022

by Glenn Kaonang

Samsung Galaxy M53 5G Resmi Meluncur, Unggulkan Kamera 108 MP di Kelas Harga 6 Jutaan

Samsung Galaxy M53 5G mengemas kamera utama yang setara dengan milik Galaxy A73 5G, hanya saja tanpa didampingi OIS

Samsung resmi meluncurkan smartphone kelas menengah baru, Galaxy M53 5G. Seperti yang sudah bisa ditebak dari namanya, Galaxy M53 5G merupakan penerus langsung dari Galaxy M52 5G. Ia juga merupakan saudara sepupu dari Galaxy A53 5G yang dirilis sekitar sebulan lalu, jadi jangan kaget kalau Anda menemukan beberapa kemiripan di antara keduanya.

Di kelas harga 6 jutaan rupiah, Galaxy M53 menawarkan value yang cukup oke. Keunggulannya ditekankan pada aspek kamera dan layar, tidak ketinggalan pula baterai berkapasitas besar yang sudah menjadi ciri khas seri Galaxy M selama ini.

Untuk layarnya, Galaxy M53 menggunakan panel Super AMOLED+ 6,7 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 120 Hz. Didukung pula oleh touch sampling rate 240 Hz, layar milik Galaxy M53 ini pastinya bakal sangat nyaman dipakai untuk bermain game.

Yang agak sedikit mengecewakan adalah, Anda tidak akan menemukan sensor sidik jari di balik layarnya meskipun panel yang digunakan berjenis AMOLED. Sebagai gantinya, Galaxy M53 mengemas tombol power yang merangkap sebagai sensor sidik jari. Jadi kalau in-screen fingerprint sensor merupakan suatu keharusan bagi Anda, maka Galaxy A53 bisa jadi pilihan yang lebih tepat meskipun ukuran layarnya sedikit lebih kecil (6,5 inci).

Satu hal yang paling dibanggakan oleh Samsung di Galaxy M53 adalah kameranya. Ponsel ini mengemas kamera utama 108 megapiksel f/1.8, dan itu setara dengan kamera utama milik Galaxy A73 yang dihargai nyaris 2 juta lebih mahal. Namun tentu saja performa kameranya tidak identik, sebab Galaxy A73 masih lebih unggul berkat keberadaan OIS, sementara Galaxy M53 tidak dibekali OIS sama sekali.

Mendampingi kamera utamanya adalah kamera ultra-wide 8 megapiksel dengan sudut pandang seluas 123°, kamera makro 2 megapiksel, dan kamera depth 2 megapiksel. Untuk swafoto, pengguna Galaxy M53 bisa memanfaatkan kamera 32 megapiksel yang menghuni lubang kecil di layarnya.

Juga menarik adalah beberapa fitur kamera yang dipinjam dari seri smartphone flagship Samsung, di antaranya Object Eraser untuk menghapus objek yang mengganggu, dan Photo Remaster untuk meningkatkan kualitas foto lawas.

Beralih ke dapur pacunya, Galaxy M53 tak lagi mengandalkan chipset bikinan Qualcomm seperti pendahulunya. Ia juga tidak menggunakan chipset Exynos seperti Galaxy A53, melainkan chipset MediaTek Dimensity 900 yang ditemani oleh RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB dengan tipe UFS 2.2. Fitur ekspansi RAM hingga 8 GB ekstra tentu tersedia, demikian pula ekspansi storage via kartu microSD hingga 1 TB.

Baterai yang tertanam di Galaxy M53 tercatat memiliki kapasitas 5.000 mAh, serta telah mendukung pengisian daya cepat 25 W. Pada praktiknya, Samsung mengklaim ponsel ini hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk mengisi hingga 50% dari total kapasitas baterainya. Semua itu dikemas dalam bodi yang terbilang ringkas, dengan tebal cuma 7,4 mm dan bobot di kisaran 176 gram. Galaxy M53 hadir dalam tiga pilihan warna: biru, hijau, dan cokelat.

Terkait perangkat lunak, Galaxy M53 sudah sepenuhnya menjalankan sistem operasi Android 12 dan tampilan antarmuka One UI 4.1. Samsung pun menjanjikan update sistem operasi hingga tiga generasi ke depan, serta security update sampai setidaknya 4 tahun.

Bagi konsumen yang tertarik, Samsung saat ini sudah membuka gerbang pre-order untuk Galaxy M53 mulai 26-29 April 2022. Harga normalnya dipatok Rp6.299.000, namun khusus selama masa pre-order, Galaxy M53 bisa didapat dengan harga spesial Rp5.799.000 di samsung.com/id, Blibli, Lazada, Shopee, JD.id, Eraspace, Akulaku, dan Tokopedia.