3 February 2022

by Lukman Azis

[Speed Review] USB Flash Drive Kingston Mini Tiger 2022 Edisi Terbatas, Hadiah Yang Fungsional

Kingston Mini Tiger merupakan salah satu dari 12 seri USB Mini Collection tahun baru dari Kingston

Bagi kalangan pelajar dan pekerja di bidang tertentu, flashdisk masih menjadi suatu kebutuhan. Baik untuk menyimpan dan berbagi berbagai tugas atau presentasi PowerPoint, mentransfer data dengan cepat, hingga membuat cadangan foto liburan keluarga dan file penting lainnya yang ada di smartphone.

Kali ini, saya telah kedatangan USB Flash Drive terbaru dari Kingston yakni Mini Tiger 2022 edisi terbatas yang dirilis dalam rangka memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek. Kingston Mini Tiger adalah USB 3.2 Gen 1 dengan kapasitas cukup besar 64GB yang dibanderol dengan harga Rp450.000 di Indonesia dan berikut review singkatnya.

Desain Unik

Daya tarik utama USB Flash Drive yang satu ini terletak pada desainnya, Kingston Mini Tiger merupakan salah satu dari 12 seri USB Mini Collection tahun baru dari Kingston. Mereka secara konsisten memperkenalkan USB Flash Drive dengan bentuk unik yang terinspirasi oleh maskot hewan, yang dapat menjadi pilihan hadiah menarik untuk keluarga dan saudara dekat terutama mereka yang masih bersekolah atau pekerja kantoran.

Edisi terbaru tahun ini menampilkan miniatur harimau dalam kemasan kaleng minuman dengan sentuhan warna merah dan emas untuk membawa keberuntungan. Serta, dilengkapi keyring untuk gantungan kunci sehingga pengguna dapat dengan mudah mengubah Kingston Mini Tiger menjadi gantungan yang lucu saat bepergian.

Mengikuti desain khas Mini Collection, Kingston Mini Tiger berbentuk bulat mungil yang melambangkan kebahagiaan dan kemakmuran. Dimensinya hanya 41.99x26.79x27.77 mm dan ukuran kemasannya 57.82x57.82x103 mm.

Selain itu, faktor penting lainnya adalah kenyamanan. Saat saya colokkan ke laptop, Kingston Mini Tiger bisa dengan mudah dilepas. Ia memiliki detail emas dan dilengkapi dengan lapisan karet yang halus untuk perlindungan terhadap guncangan.

Spesifikasi

Kingston Mini Tiger dilengkapi dengan kapasitas 64GB, sebagai perangkat untuk menyimpan data sementara, kapasitas ini sudah lebih dari cukup. Didukung dengan kinerja USB 3.2 Gen 1 yang kompatibel dengan USB 2.0 dan memiliki kecepatan baca hingga 200MB/dtk yang berarti kita dapat mentransfer project dengan ukuran file besar seperti video dengan lumayan cepat.

Kalau Anda ingin menjadikannya sebagai perangkat untuk pencadangan data, maka 64GB relatif sangat kecil. Harddisk pilihan lebih tepat karena menawarkan kapasitas jauh lebih luas, meskipun form factor-nya tidak seringkas flashdisk.

Meski begitu, kalau untuk sekedar menyalin data penting yang ada di smartphone secara teratur, kapasitas 64GB bisa menampung sekitar 16.000 foto beresolusi 12 MP dengan ukuran per foto 4MB atau video 1080p hingga 244 menit.

Verdict

Selama bertahun-tahun, saya mengandalkan USB Flash Drive untuk menunjang pekerjaan. Namun seiring perkembangan teknologi, fungsi utama flashdisk sebagai penyimpanan sementara mulai tergantikan.

Mulai dari penyimpanan internal smartphone yang besar, setidaknya mulai dari 32GB di kelas menengah ke bawah dan 64GB atau 128GB di kelas menengah. Ditambah microSD yang semakin terjangkau dengan kapasitas besar, smartphone juga punya fungsi sebagai penyimpanan sementara.

Selanjutnya adalah keberadaan cloud storage, contohnya Google Drive yang menawarkan 15GB gratis untuk akun baru. Semakin banyak pilihan untuk menyimpan dan berbagi data, meski begitu untuk mengakses cloud storage membutuhkan koneksi internet dan akan cukup merepotkan untuk berbagi dalam ukuran file besar.

Kebutuhan akan USB Flash Drive pada kalangan tertentu mungkin telah berkurang, tetapi bagi pelajar dan pekerja terutama yang bukan dari kota besar - USB Flash Drive masih menjadi andalan untuk menyimpan dan berbagi data secara lokal dengan cepat serta nyaman.

Mini Tiger sebagai salah satu dari 12 seri USB Mini Collection menjadi daya tarik tersendiri dan lagi merupakan edisi terbatas. Kalau Anda belum sempat membelikan hadiah tahun baru untuk anak-anak, adik, keponakan, atau orang terdekat, Mini Tiger adalah hadiah yang sangat fungsional.

Sparks

  • Desain unik edisi terbatas
  • Desain keyring untuk portabilitas
  • Perlindungan tahan guncangan
  • Kapasitas tinggi 64GB dengan kecepatan baca hingga 200MB/dtk

Slacks

  • Harga cukup mahal
  • Fungsi flashdisk bisa ditemukan di perangkat lain