4 September 2022

by Daniel Hamiaz

Sony Rilis Statistik mengenai Preferensi dan Kecenderungan Pemain PS4 dan PS5

Para pemain dari Jepang relatif bermain game dengan variasi lebih sedikit jika dibandingkan dengan negara lain

Melalui CEDEC (Computer Entertainment Developers Conference 2022), Sony Interactive Entertainment mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan sebuah presentasi, yang menyinggung banyak hal. Salah satu topik yang menarik adalah pemaparan data mengenai kebiasaan pemain pada PlayStation 4 dan PlayStation 5.

Berbagai informasi menarik mereka sampaikan melalui kesempatan tersebut. Dibawakan oleh Kenjo Akiyama selaku Global Developer Technology Department Manager Sony, data yang diberikan mengangkat topik-topik seperti game Free-to-Play, Multiplayer Online, pembelian Digital atau fisik, Trophy, penggunaan PlayStation VR, dan masih banyak lagi.

Statistik disajikan secara sederhana, tanpa menampilkan angka yang jelas. Mungkin hal ini dilakukan untuk menyimpan rahasia perusahaan. Dikutip dari Twinfinite, berikut ini sejumlah kategori game yang diberikan:

Free-to-Play

Untuk game-game F2P (Free to Play), jumlah pengguna PlayStation 4 lebih banyak dibandingkan dengan PlayStation 5. Uniknya, para pemain dari daerah Asia merupakan pemain yang paling tidak tertarik untuk bermain game pada kategori ini. Sayangnya, tidak dijelaskan secara gamblang mengenai game gratis apa yang menjadi contoh.

Multiplayer Online

Untuk game Multiplayer Online, Sony menyatakan bahwa pengguna PS5 lebih aktif dibandingkan dengan pengguna PlayStation 4. Para pemain yang berasal dari Amerika dan Eropa lebih mendominasi dibandingkan dengan para pemain dari Asia dan Jepang.

sumber: Sony Interactive Entertainment

Rata-rata Waktu Bermain

Di kategori ini, waktu bermain pengguna PlayStation 5 mengungguli PlayStation 4 untuk seluruh negara. Namun, khusus untuk rata-rata waktu bermain game F2P, Sony menyatakan bahwa pemain dari Jepang-lah yang memegang rata-rata waktu bermain terlama dibandingkan dengan pemain dari negara lain.

Digital Vs Physical

Untuk kategori penjualan digital dan fisik, pemain asal Jepang memegang posisi paling atas dalam membeli kopi fisik, sedangkan untuk posisi paling bawah (atau pembelian kopi digital) dipegang oleh para pemain asal Amerika Serikat. Data penjualan untuk PS4 dan PS5 pada kategori ini digabung.

Trophy

Sistem Trophy pada PlayStation mirip dengan sistem Achievement, yang bisa didapatkan dengan melakukan sesuatu yang ditentukan di dalam game. Menurut data, pemain asal Asia dan Eropa merupakan pemain yang paling rajin untuk mengumpulkan Trophy.

Jumlah Game yang dimainkan per User

Untuk jumlah game yang dimainkan untuk seorang pengguna, pemain asal Jepang cenderung bermain game dengan variasi yang paling sedikit, dengan memegang posisi terendah dengan rata-rata 5,9 game. 

Sedangkan pemain asal Amerika Serikat mendapat posisi teratas dengan rata-rata game yang dimainkan oleh setiap penggunanya dengan angka 10,7 game. Mungkin saja, ini mendasari mengapa pemain Jepang memiliki playtime yang lebih panjang dibandingkan dengan pemain dari negara lain.

Jika Anda tertarik dengan aksesoris PlayStation 5, Anda bisa cek rekomendasi Hybrid di sini.