4 February 2013

by Iqbal Farabi

Sony PlayStation 4 Akan Diperkenalkan Bulan Ini?

Sony baru-baru ini mengirimkan undangan kepada kalangan jurnalis teknologi untuk menghadiri acara yang diberi tajuk PlayStation Meeting 2013. Acara yang akan dilangsungkan pada tanggal 20 Februari ini membuat banyak jurnalis teknologi berspekulasi tentang kemungkinan diluncurkannya konsol game terbaru dari Sony yakni PlayStation 4.

Menurut situs The Telegraph, acara serupa pada tahun-tahun sebelumnya memang dijadikan ajang untuk memperkenalkan produk terbaru PlayStation. Pada tahun 2011 lalu, di acara serupa diperkenalkan PlayStation Vita. Sebelumnya pada tahun 2005 dan 1999, masing-masing menjadi ajang diumumkannya produk PlayStation 3 (meskipun saat itu masih berupa prototipe) dan PlayStation 2.

Menyambut PlayStation Meeting 2013 ini, rumor lain juga mulai bermunculan mengenai detil-detil dari PlayStation 4. Situs Gamespot misalnya, menyebutkan bahwa PlayStation 4 akan memiliki fitur untuk merekam permainan dan kemudian membagikan rekaman dan screenshot dari rekaman tersebut secara online.

Dikabarkan, fitur ini mampu merekam 15 menit permainan tanpa mengganggu kenyamanan pengguna dalam bermain. Meskipun belum ada keterangan dengan layanan video online apa rekaman permainan tersebut akan diunggah. Apakah dengan layanan video online yang sudah ada seperti YouTube atau Sony akan menggunakan platform miliknya sendiri.

Sementara itu, dilansir oleh CNET, situs The Wall Street Journal mengabarkan bahwa meskipun Sony PlayStation 4 diperkenalkan pada Februari ini, penjualannya baru akan dilakukan kemudian. Tidak ada keterangan spesifik, namun beberapa spekulasi menyatakan bahwa PlayStation 4 akan tersedia sebelum musim liburan tahun ini di Jepang dan Amerika. Sayangnya tidak dijelaskan apakah yang dimaksud adalah libur musim panas atau libur Natal dan tahun baru. Untuk Eropa, dikatakan bahwa PlayStation 4 baru akan didistribusikan awal 2014.

Hingga saat tulisan ini dibuat, belum ada keterangan mengenai berapa kira-kira harga konsol PlayStation 4 ini nantinya.

 

Sumber: CNET, Gamespot, The Telegraph.