16 November 2022

by Dimas Galih W.

Sony Luncurkan Alpha 7R V dan ZV-1F: DSLR dengan AutoFokus AI

Sony mengeluarkan dua buah kamera yang ditujukan untuk pasar berbeda. Yang pertama adalah Sony Alpha 7R V dan Sony ZV-1F untuk para kreator

Sony kembali meluncurkan kamera terbarunya di Indonesia. Untuk itu, mereka menghelat acara yang diadakan pada HallF Pati Unus Jakarta pada tanggal 15 November 2022. Kali ini Sony tidak hanya meluncurkan 1 kamera saja, melainkan 2 perangkat sekaligus. Keduanya adalah Sony Alpha 7R V dan ZV-1F.

Koji Sekiguchi, selaku President Director PT Sony Indonesia, menyampaikan bahwa para pengguna Sony menggunakan kamera untuk melakukan fotografi portrait, landscape dan wedding. Untuk menjawab kebutuhan para pelanggan, Sony mengembangkan kamera pendahulu dari seri R, yaitu Alpha 7R IV, dan menghadirkan kamera terbaru, Alpha 7R V. Harapannya, kamera terbaru ini dapat menunjang kebutuhan para fotografer dan videografer dalam mencoba hal baru.

Sony Alpha 7R V memiliki sensor Exmor R CMOS back-illuminated full-frame 35mmd engan resolusi 61MP. Hal ini didukung dengan prosesor terbaru mereka, BIONZ XR yang memastikan potensi resolusi sensor kamera dimanfaatkan sepenuhnya untuk menghasilkan resolusi tertinggi pada sensitivitas rendah. dengan BIONZ XR, pengguna bisa mengatur sensitivitas dari ISO 100 hingga ISO 32000 untuk foto maupun video, serta rentang dinamis luas dengan 15 stops untuk foto.

Kamera ini juga sudah menggunakan hardware yang mendukung AI autofokus dan subject recognition. Pemrosesan AI tersebut menggunakan informasi detail mengenai bentuk manusia dan estimasi pose untuk meningkatkan akurasi pengenalan yang lebih akurat dari sistem yang hanya mendeteksi wajah dan mata. Kamera ini juga sudah mendukung format HEIF yang menghasilkan kapasitas yang lebih kecil.

Kamera selanjutnya adalah Sony ZV-1F yang memang ditujukan untuk para content creator. Sony memang khusus membuat kamera ini agar hasilnya bisa disajikan pada media sosial. Dan sama seperti Sony Alpha 7R V, ZV-1F juga memiliki layar sentuh yang bisa digunakan untuk mengatur kamera tersebut. Kamera ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan format portrait.

Sony ZV-1F menggunakan lensa 20 mm ultra wide angle yang diklaim mampu mengambil video dengan bagus. Saat menggunakan mode portrait atau horizontal, Sony juga mendesain kamera ini untuk digunakan pada sebuah bluetooth grip. Dan dengan 3 mikrofon, membuat kamera ini diklaim mampu mengambil suara dengan jernih.

Sony menjual Alpha 7R V dengan harga Rp. 59.999.000 yang termasuk sebuah CF Express 160 GB. Selanjutnya, Sony ZV-1F dijual dengan harga Rp. 7.999.000 yang termasuk sling pouch dan crossbody bag dari Uniqlo. Kedua kamera ini bisa dipesan secara pre order mulai dari tanggal 15 November 2022 hingga 4 Desember 2022.

Mencoba Alpha 7R  V

Untungnya pada acara peluncuran tersebut, Sony memberikan waktu para jurnalis untuk mencoba kamera terbarunya ini. Tentu saja, saya langsung mencoba Alpha 7R V ini. Namun sayang, hanya pengambilan beberapa gambar saja yang bisa saya lakukan karena penuhnya giliran. Jadi, saya hanya bisa mengambil gambar dengan meminjam sebuah SD Card milik teman.

Autofokus pada kamera ini memang sepertinya tanpa cela. Selain itu, tracking focus-nya juga sangat akurat walaupun muka sang obyek hanya terlihat setengahnya saja. Hal tersebut pun menghasilkan gambar yang tajam dengan warna yang menurut saya sangat akurat. Tanpa berlama, berikut adalah contoh gambar dari Alpha 7R V yang diambil pada saat acara peluncuran tersebut.