3 February 2015

by Yoga Wisesa

Sony Jual Sony Online Entertainment

Sony Online Entertainment dikenal sebagai divisi spesialis publikasi dan pengembangan game-game online. Berkatnya, judul-judul legendaris semisal EverQuest, Star Wars Galaxies hingga PlanetSide terlahir. PlanetSide 2 baru saja mencatat rekor pertempuran online dengan jumlah pemain terbanyak, dan game H1Z1 belum lama memasuki tahap Early Access.

Lalu sebuah berita muncul tiba-tiba. Melalui forum resmi, Sony Online Entertainment mengumumkan mulai tanggal 2 Februari 2015 mereka tidak lagi berkarya di bawah bendera Sony. Sony Online Entertainment telah dijual, dan sekarang studio tersebut menjadi bagian dari Columbus Nova, sebuah firma pengelolaan investasi yang terkenal berkat 'portofolio di bidang media, teknologi serta hiburan'.

Kini Sony Online Entertainment berubah nama menjadi Daybreak Game Company. Dan saat ini pertanyaan terbesarnya adalah (saya juga penasaran, setelah berinvestasi ribuan jam dalam PlanetSide 2 dan menanti EverQuest Next), bagaimana nasib game-game yang mereka miliki? H1Z1 mempunyai banyak potensi dan premis menjanjikan, sedangkan PlanetSide 2 didukung para pemain setianya.

Kabar gembira dari semuanya ialah Daybreak Game Company akan beroperasi layaknya studio game independen, serta tetap fokus pada pengembangan permainan online. Sejauh ini, judul-judul SOE terbilang 'eksklusif', hanya dilepas di PC dan platform PlayStation. Tapi arahan baru tersebut dapat mengubah semuanya. Daybreak sendiri bilang mereka kini merupakan perusahaan game multi-platform, segera mengekspansi ke Xbox hingga lini mobile.

 

Info menarik: Pesawat Luar Angkasa NASA Tujuan Pluto Ditenagai Chip PlayStation Pertama?

 

Fans dan gamer tak perlu cemas. Bisnis akan berjalan seperti biasanya, tak ada perubahan dari penyajian layanan serta game. Daybreak Game Company menuturkan, akuisisi Columbus Nova malah menambah sumber daya mereka dibanding sebelumnya. Kemudian permainan-permainan SOE tetap beroperasi dengan normal.

Namun ada beberapa hal yang masih membuat banyak orang penasaran. Pertama, seberapa banyak uang hasil penjualan Sony Online Entertainment? Kita juga belum tahu masa depan versi PS4 PlanetSide 2 (closed beta dimulai 20 Januari 2015), mungkinkah ia nantinya hadir di Xbox? Bagaimana dengan EverQuest Next serta Landmark?

Station.com masih berperan sebagai portal permainan-permainan casual, console hingga PC; serta rumah dari judul-judul MMO ternama Daybreak Game Company. Saya pribadi berharap, perubahan SOE menjadi studio 'independen' akan mempercepat dimulainya proyek PlanetSide 3...

Sumber: Forum Sony. Gambar header: Dualshockers.