Dark
Light

Solusi Digital mFish XL Sambangi Yogyakarta dan Balikpapan

1 min read
March 11, 2016

PT XL Axiata Tbk (XL) baru saja mengimplementasikan solusi mFish kepada para nelayan di beberapa daerah di Provinsi Yogyakarta dan kota Balikpapan. Solusi mFish ini merupakan aplikasi digital yang diprakarsai oleh XL bekerja sama dengan TONE. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan para nelayan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang dan  informasi lain terkait dengan kegiatan nelayan. Di Yogyakarta dan Balikpapan XL berharap mFish ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dan keamanan selama bekerja di laut.

Di Yogyakarta aplikasi mFish sudah mulai dikenalkan kepada nelayan yang berada di Pantai Baron, Gunung Kidul, dan Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta. Sementara itu satu minggu sebelumnya aplikasi mFish ini sudah dulu menyapa para nelayan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Tahun ini kami mulai mengimplementasikan mFish bagi para nelayan di wilayah DI Yogyakarta dengan harapan sarana berteknologi digital yang kaya manfaatkan ini juga bisa dimanfaatkan warga nelayan setempat memang membutuhkan dukungan untuk lebih produktif. Pada tahap awal ini, akan ada 260 paket mFish yang kami bagikan kepada nelayan Yogyakarta,” terang Vice Presiden Central Region XL Bambang Parikesit.

Bambang menambahkan, untuk wilayah Pantai Baron pihaknya telah mendistribusikan 160 paket mFish untuk nelayan Pantai Baron, Gunung Kidul. Sedangkan untuk Pantai Depok, Bantul dialokasikan sebanyak 100 paket mFish.

MFish_1

Satu paket mFish terdiri dari handset, kartu SIM XL, pengisi baterai tenaga sinar matahari, tas anti air, dan kabel data. Implementasi mFish di Yogyakarta ini sekaligus sebagai upaya XL untuk mensosialisasikan pemanfaatan teknologi digital guna meningkatkan kinerja dan produktivitas warga di berbagai bidang.

Untuk memastikan implementasi mFish di Yogyakarta ini berjalan seperti yang diharapkan XL mendapatkan dukungan dari PT Komunika Mitra Pratama, mitra dealer XL di Yogyakarta. Bentuk dukungan ini berupa pendampingan kepada nelayan selama 6 bulan. Dalam periode tersebut akan ada petugas yang secara rutin mengunjungi nelayan untuk melakukan pendampingan sekaligus menjaga tingkat efektivitas.

Sementara itu untuk Balikpapan XL telah bekerja sama dengan Institut Teknologi Kalimantan Balikpapan. Untuk Balikpapan secara total XL telah menyediakan 500 paket mFish yang akan digunakan dua nelayan dari Kampung Baru dan Manggar dengan masing-masing menerima 250 perangkat.

Implementasi mFish di berbagai daerah nelayan di Indonesia ini menurut XL juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap visi pemerintah menyediakan “Desa Boradband”. Sejauh ini mFish sudah digunakan nelayan di beberapa wilayah Indonesia, seperti, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, dan yang terbaru Yogyakarta.

Previous Story

Aplikasi Cola Tawarkan Kemudahan Membuat Janji atau Polling Lewat Pesan Interaktif

Next Story

Pos Indonesia Bangun Online Marketplace Khusus UMKM

Latest from Blog

Don't Miss

XL Axiata Gandeng Ericsson untuk Implementasikan Dual-Mode 5G Core

XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson untuk mengimplementasikan solusi Dual-Mode

Pentingnya Industri Telekomunikasi untuk Kembangkan Industri Game dan Esports

Nilai dari industri game meroket selama pandemi COVID-19. Bahkan setelah