9 January 2018

by Bambang Winarso

Sol Dalam Sepatu Pintar ini Bantu Tekan Resiko Cedera Pekerja

Zhor Tech memamerkan produk barunya ini di ajang CES 2018 di Las Vegas

Dewasa ini kita sering mendapati barang sehari-hari yang dipermak sedemikian rupa sehingga menyandang julukan baru sebagai perangkat pintar, misalnya jam tangan pintar, helm pintar, kacamata pintar hingga sepeda pintar. Di tahun 2017 lalu, sebuah startup bernama Zhor memamerkan sepatu pintar di ajang bergengsi, CES. Dan tahun ini, mereka kembali dengan konsep yang masih menyasar kaki, tapi kali ini berupa sol dalam sepatu yang lagi-lagi mempunyai kemampuan mencatat aktivitas dan pergerakan penggunanya.

Yang berbeda, di tahun ini Zhor Tech menggunakan teknologi yang satu tingkat lebih kompleks. Lebih dari sebatas penghitungan langkah, Zhor Tech mencoba memanfaatkan sensor built-in untuk menambahkan pengukuran seberapa tingkat kelelahan yang dialami pemakainya, analisis postur tubuh, dan deteksi getaran yang canggih. Saat ini, perusahaan hanya berencana untuk menjual insolnya ke produsen alas kaki yang sudah mapan mulai bulan September mendatang dengan harga $149.

Secara khusus, sol dalaman sepatu ini dirancang untuk memberikan jaminan keselamatan bagi pekerja kontruksi atau yang bekerja di area-area berbahaya. Sensor deteksi getaran yang tersemat di dalamnya membantu pengawas atau atasan untuk mencegah pekerjanya terjatuh atau mengalami lelah berlebihan. Selain itu, metrik yang terkait dengan langkah-langkah yang diambil dan ketegangan yang dialami oleh pekerja akan sangat berguna untuk menjaga produktivitas dan kecelakaan seminimal mungkin.

Sebaliknya, teknologi in bisa juga menjadi solusi yang efektif untuk mengawasi karyawan yang tidak aktif dalam menjalankan tugas mereka atau yang mungkin cenderung mengalami cedera karena faktor postur.

Sumber berita Engadget.