Esports Ecosystem

Sneaky Pindah Halauan Jadi Full Time Live-streamer

21 Jan 2020 | Yudi Anggi
Dirinya memilih untuk beristirahat dari ranah kompetitif untuk sementara waktu.

Zachary “Sneaky” Scuderi memutuskan untuk beristirahat dari dunia kompetitif League of Legends dan menjadi fulltime live-streamer. Sneaky merupakan ADC veteran yang telah lima kali mewakili region Amerika Utara di ajang Worlds Championship. Kemampuannya sebagai ADC sudah diakui ketika ia dan timnya berhasil mendapatkan promosi ke NA LCS Summer 2013 dan menjuarainya di musim yang sama.

Sumber: X Games
Sumber: X Games

Sampai akhirnya pada bulan November 2019, Cloud9 mengumumkan ADC baru yaitu Jesper “Zven’ Svenningsen. Sneaky tidak akan bermain dengan Cloud9 di NA LCS pada tahun 2020. Pada sesi stream-nya Sneaky menjelaskan bahwa rekan-rekan timnya tidak lagi ingin bermain dengannya. Cloud9 memberikan tawaran untuk Sneaky mendapatkan kembali tempatnya di tim. Yaitu dengan cara melakukan rotasi bermain bersama Zven. Tetapi Sneaky tidak menginginkan hal tersebut. Ia berkata “untuk apa saya berjuang memperebutkan tempat di tim yang sudah tidak ingin bermain lagi dengan saya.”

Selain dikenal karena kehebatannya sebagai ADC, Sneaky juga mulai menambah jumlah penggemarnya dengan melakukan livestreaming dan cosplay. Beberapa hasil cosplay-nya memang berhasil membuat internet gempar. Sneaky melakukan cosplay crossdressing yang membuat orang tidak percaya bahwa ia bisa menjadi cantik sekali. Bahkan ia membuat akun patreon dan menjual foto-foto hasil cosplay miliknya. Sampai Januari 2020 ini, Sneaky memiliki 1.58 juta followers di Twitch-nya.

Sneaky sebagai KDA Ahri | Sumber: win.gg
Sneaky sebagai KDA Ahri | Sumber: win.gg 

Tentu keputusannya untuk menjadi full-time streamer tidak akan mendapatkan kendala. Melihat popularitas yang sudah ia miliki sekarang, karir sebagai streamer memang bisa diandalkan. Ditambah lagi Sneaky menyebutkan di tweet-nya bahwa ia sangat menyukai live streaming.

Sneaky juga menjelaskan bahwa ia belum memiliki niat untuk pensiun. Istirahat dari ranah kompetitif ini hanya sementara baginya, sampai ia menemukan kembali dorongan untuk bermain secara kompetitif. Hingga kini, belum ada tawaran menarik dari tim lain untuknya. Jack Etienne juga disebut oleh Sneaky telah banyak membantu dirinya untuk mencari kesempatan bermain di tim lain.  Sneaky pun berterima kasih karena Jack tidak menutup kesempatan Sneaky untuk pindah ke tim lain.