Dark
Light

Snapdragon X Series Perkuat Lini PC Windows Terbaru dengan Berbagai Fitur AI dari Copilot+

1 min read
May 28, 2024

Pemutakhiran berkala nampaknya tidak cukup cepat bagi Qualcomm. Pengembang chipset Snapdragon ini baru saja merilis chipset terbarunya Snapdragon X Series yang hadir untuk lini PC Windows bersama Copilot+. Chipset canggih buah dari kolaborasi Qualcomm Technologies dengan Microsoft merupakan komitmen bersama untuk merevolusi produktivitas pengguna PC Windows menggunakan AI.

Keunggulan Utama dari Snapdragon X Series

Platform Snapdragon X Series didukung oleh deretan prosesor Snapdragon X Plus. Dengan hasil yang mencapai 45 TOPS (trillion operations per second), Snapdragon X Plus diklaim telah menjadi chipset pemilik NPU (Neural Processing Unit) tercepat yang ada saat ini untuk laptop. Inilah yang menjadi kekuatan utama untuk menopang aplikasi-aplikasi yang memiliki fitur AI lewat ekosistem Copilot+.

Efisiensi dan Fitur Portabel Tiada Tanding

Selain dari kecepatan NPU-nya, Snapdragon X Series juga unggul dalam efisiensi pengelolaan daya perangkatnya. Platform ini mampu memberikan salah satu performance per watt terbaik di kelasnya. Dengan demikian, walaupun Copilot+ digunakan secara intensif, baterai laptop tidak cepat habis.

Hasilnya, beberapa aplikasi Copilot berjalan dengan mulus tanpa gangguan. Seperti asisten AI Copilot yang terintegrasi dengan Windows 11 kini lebih kompeten dalam multitasking, melakukan task-task intensif, menjawab pertanyaan pengguna, mengolah dan menghasilkan konten kreatif, serta menerjemahkan berbagai bahasa. Aplikasi inovatif bawaan lainnya seperti Super Resolution bahkan dapat meningkatkan kualitas dan resolusi dari foto dan video menggunakan AI. Belum lagi dengan adanya Next-Generation AI (NGAI) yang mampu mendongkrak produktivitas seperti yang telah dilakukan oleh Dell.

Deretan Produsen Laptop Berbasis Snapdragon X Series

Peluncuran chipset terbaru besutan Qualcomm ini menjadi langkah besar yang telah diadopsi oleh lebih dari 20 merk unggulan seperti Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, dan Samsung. Mereka telah mengumumkan PC berkekuatan Copilot+ terbarunya masing masing yang dilengkapi dengan Snapdragon X Series. Perangkat-perangkat ini dilansir akan dirilis secara berkala dimulai dari 18 Juni tahun ini. Beberapa di antara PC tersebut:

  • Acer Swift 14 AI: Laptop dengan layar 2.5K ini tentunya dapat memanfaatkan fitur berbasis AI seperti Super Resolution dan NGAI.
  • ASUS Vivobook S 15: Berlayar OLED yang tajam dan minim daya sebesar 15.6 inci, laptop ini memiliki baterai 18 jam yang tahan lama dengan pemakaian Snapdragon X Series
  • Dell XPS 13: Laptop premium dan berdesain minimalis ini ideal untuk produktivitas on-the-go tanpa kompromi.
  • HP OmniBook X AI PC: TJangan terkecoh dengan tampilannya. Laptop super tipis nan ringan ini memiliki ketahanan baterai selama 26 jam, dengan dukungan dari Snapdragon X Series.
  • Lenovo Yoga Slim 7x: Lenovo menggunakan keunggulan prosesor NPU dari Snapdragon X Series dengan performane per watt terbaik pada produk Yoga terbarunya.

Dengan trifekta optimalisasi Copilot+, performance AI tanpa tandingan, serta baterai yang tahan lama, Snapdragon Series X digadang-gadang akan menjadi pesaing terbesar laptop ultra-portabel lainnya seperti Macbook dari Apple.

Previous Story

OPPO A60 Resmi Dirilis, Ajak Calon Pengguna Buktikan Langsung Ketangguhannya

9 Fitur Baru Canva
Next Story

9 Fitur Baru Canva Agar Lebih Produktif Berkreasi di Kantor

Latest from Blog

Don't Miss

92% Pekerja di Indonesia Sudah Menggunakan GenAI dan Temuan Lain dari Work Trend Index 2024

Microsoft dan LinkedIn merilis laporan Work Trend Index 2024. Di

Western Digital Luncurkan Siklus Data AI: Optimalisasi Penyimpanan untuk Inovasi AI Masa Depan

Western Digital (NASDAQ: WDC) meluncurkan inovasi terbaru mereka, Siklus Data