Gadget News
for SEO
Gadget News

Snapdragon 8+ Gen 1 dan 7 Gen 1 Diperkenalkan, Akan Hadir Pertengahan Tahun ini

25 May 2022Dimas Galih W.

Akhirnya chipset kencang penerus 8 Gen 1 dan 778 dari Qualcomm hadir

Setelah sukses dengan beberapa perangkat yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm ternyata sudah memiliki sang penerusnya. Dengan nama Snapdragon 8+ Gen 1, cip ini bakal meneruskan menjadi cip paling kencang dari Qualcomm. Selain 8+ Gen 1, ternyata Qualcomm juga meluncurkan chipset baru pada seri 7. Cip tersebut memiliki nama Snapdragon 7 Gen 1.

“Dalam segmen mobile, fokus utama kami adalah menghadirkan fitur-fitur baru dan teknologi inovatif yang dapat diaplikasikan di sektor industri, dan untuk perangkat unggulan pelanggan kami. Kami mengimplementasikan fitur-fitur ini terlebih dahulu di seri Snapdragon 8 dan kemudian mengembangkannya ke dalam peta jalan mobile kami,” ungkap Christopher Patrick, Senior Vice President and General Manager, Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc. “Snapdragon 8+ dan 7 Gen 1 terbaru memberikan pengalaman penggunaan yang luar biasa di kelas masing-masing.”

Smapdragon 8+ Gen 1 akan membawa beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan 8 Gen 1. Clock prosesor pada cip ini ditingkatkan menjadi Cortex-X2  pada 3.2Ghz, tiga inti kinerja Cortex A710 pada 2.8GHz, dan empat inti efisiensi Cortex A510 pada 2.0GHz. Hal ini bakal meningkatkan kinerjanya hingga 10% dibandingkan dengan 8 Gen 1. Selain itu, Qualcomm menjanjikan tingkat efisiensi hingga 30% pada cip terbaru ini.

Adreno yang terpasang juga memiliki peningkatan kinerja hingga 10%. ‎Sisanya, spesifikasi Snapdragon 8+ Gen 1 sama dengan pendahulunya. Hal tersebut seperti Spectra 680 ISP dan modem Snapdragon X65 5G. Namun, Qualcomm telah membuat 8+ Gen 1 mendukung Bluetooth 5.3 dari 5.2 pada 8 Gen 1.‎

Snapdragon 8+ Gen 1 sendiri diproduksi dengan pabrikasi 4 nm buatan TSMC. ASUS, ROG, Black Shark, HONOR, iQOO, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, OPPO, OSOM, Realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi, dan ZTE digadang bakal menggunakan chipset yang satu ini. Perangkat komersialnya sendiri akan hadir pada kuartal ke 3 tahun 2022.

Qualcomm juga memperkenalkan cip Snapdragon 7 Gen 1 yang menjadi penerus seri 700. Dibuat dengan proses pabrikasi 4 nm, Snapdragon 7 Gen 1 diproduksi pada pabrik Samsung. Qualcomm Snapdragon 7 Gen 1 baru menargetkan segmen smartphone kelas menengah premium danmenawarkan kinerja yang mengesankan dengan harga yang relatif terjangkau.

SoC yang satu ini memiliki CPU Kryo octa-core yang terdiri dari satu inti Cortex-A710 pada cluster Prime pada 2.4GHz, tiga inti pada cluster kinerja Cortex-A710 pada 2.36GHz, dan empat inti pada cluster efisiensi Cortex-A510 clock pada 1.8Ghz. GPU Adreno yang terpasang diklaim 20 persen lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu Snapdragon 778. Namun, seperti biasa Qualcomm tidak menyebutkan seri dari GPU barunya tersebut.

Snapdragon 7 Gen 1 menggunakan Snapdragon X62 5G Modem-RF System generasi ke-4 dan FastConnect 6900. Cip ini mendukung Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3 terbaru. Selain itu, ada juga teknologi 5G, Trust Management Engine khusus, serta Android Ready SE untuk kunci dan ID mobil digital.

Perangkat yang akan menggunakan Snapdragon 7 Gen 1 bakal muncul pada kuartal ke 2 tahun 2022 ini. Perangkat tersebut akan datang dari OPPO, Xiaomi, serta Honor. Oleh karena saat ini sudah memasuki kuartal ke 2, seharusnya kita bakal melihat peluncuran smartphone yang menggunakan chipset tersebut. Di Indonesia sendiri, kita bisa menunggu perangkat dari OPPO dan Xiaomi, yang semoga saja akan masuk ke Indonesia.

Play video

23 June 2022

Daftar Adaptasi Animasi dari Game #hybridhighlight Eps. 6

HybridHighlight kali ini akan membahas tentang daftar animasi yang merupakan adaptasi dari game. Apa saja animasi itu?

Others from #HybridTV