8 March 2023

by Lukman Azis

Smartphone Upper Entry Untuk Gen MZ, Samsung Galaxy A14 Resmi Meluncur di Indonesia

Fitur komplet yang ditawarkan oleh Galaxy A14, dirancang untuk memenuhi kebutuhan generasi Millennial dan Z

Samsung mengawali tahun 2023 dengan Galaxy A14 5G dan sekarang model 4G dari Galaxy A14 telah resmi menyusul di Indonesia. Fitur yang ditawarkan oleh Galaxy A14 dirancang untuk memenuhi kebutuhan generasi Millennial dan Z atau disingkat Gen MZ.

Menurut Kantar, di acara online media session Samsung Galaxy A14. Digital environment memiliki pengaruh yang kuat dalam kehidupan sehari-hari Gen MZ. Mereka tak jauh-jauh dari smartphone, menggunakan platfrom sosial untuk berekspresi dan sebagai cara untuk tetap terhubung dengan dunia dan mempelajari hal-hal baru.

Oleh sebab itu, meski Galaxy A14 merupakan smartphone upper entry, Samsung memasukkan fitur yang terbilang sangat komplet. Mulai dari baterai jumbo 5.000 mAh yang awet untuk penggunaan hingga dua hari dan didukung 15W fast charging, jadi para Gen MZ tak perlu khawatir saat traveling dan melakukan aktivitas di luar ruangan.

Gen MZ juga merupakan generasi kreator, Galaxy A14 dengan triple camera yang punya kamera utama beresolusi tinggi 50MP dan kamera depan 13MP dapat digunakan untuk menyalurkan kreativitas mereka. Pengalaman pembuatan konten makin lengkap berkat kamera ultrawide 5MP dan 2MP untuk bidikan macro.

Samsung mengerti bahwa Gen MZ masih muda, Galaxy A14 pun dilepas dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp2.399.000 untuk konfigurasi memori 4GB/12GB dan Rp2.699.000 untuk varian 6GB/128GB.

Saat flash sale pada tanggal 8 - 12 Maret 2023 di Samsung.com dan e-commerce Shopee dan Akulaku, konsumen bisa dapat potongan harga Rp100.000. Ada tiga warna yang bisa dipilih, Dark Red yang ikonik, warna klasik Black, dan Silver.

Penampang belakang Galaxy A14 memiliki aksen stripe yang tampak cukup stylish dan dilengkapi dengan fitur NFC. Layarnya ekstra luas pakai panel PLS LCD berukuran 6,6 inci, resolusinya sudah ditopang FHD+, dengan desain layar Infinity-V.

Supaya performa multitasking makin lancar, pengguna bisa mengalokasikan ruang penyimpanan internal sebagai RAM Plus hingga 6GB. Dapur pacunya mengandalkan chipset Exynos 850 dengan CPU octa-core menggunakan Cortex-A55 dan GPU Mali-G52 MP1.

Perangkat ini menjalankan One UI Core 5.1 berbasis Android 13. Untuk melindungi dan memberikan pengalaman awesome yang berkelanjutan, Galaxy A14 akan mendapatkan update OS 2x dan menerima update keamanan reguler hingga 4 tahun sejak dirilis.