25 October 2022

by Dimas Galih W.

Smartphone Realme C33 dan Buds T100 Diluncurkan: Sasar Pasar Entry Level

Dua perangkat baru realme, yaitu C33 dan Buds T100 sudah bisa didapatkan di Indonesia dengan harga yang terjangkau

Realme kembali meluncurkan perangkat terbarunya di Indonesia. Kali ini, sebuah smartphone dan True Wireless Stereo yang ditujukan untuk kelas entry level. Acara peluncuran tersebut diadakan pada DiKolam Jakarta, Kemang pada tanggal 25 Oktober 2022. Kedua perangkat tersebut adalah realme C33 dan realme Buds T100.

“Kami melihat realme C Series diminati jutaan pengguna Indonesia dan menjadi pilihan utama smartphone entry-level bagi anak muda Tanah Air. Hal ini diraih berkat kombinasi teknologi terkini yang mampu kami satukan dalam produk smartphone yang stylish. Hari ini, kami menambahkan anggota baru yaitu realme C33 sebagai smartphone kamera 50MP paling terjangkau dengan desain premium untuk keperluan sehari-hari dan hiburan. Melalui kehadirannya, realme berharap lebih banyak anak muda dapat merasakan pengalaman terbaik dalam menggunakan smartphone, sehingga dapat memenuhi kebutuhan mereka," ujar Michonne Wang - Marketing Director realme Indonesia.

Smartphone realme C33 memiliki kamera 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1. Pada kamera ini sudah memiliki fitur CHDR yang mampu menangkap background terang yang lebih jelas dan meningkatkan warna dari obyek yang didepannya. Layar dari perangkat ini memiliki dimensi 6,5 inci dengan resolusi 1600 x 720. Dan dengan bobot 187 gram, perangkat ini memiliki ketebalan yang hanya 8,3 mm saja.

Realme C33 menggunakan UniSOC T612 dengan pilihan RAM 3 dan 4 GB. Realme mengatakan bahwa perangkat ini nantinya bakal mendapatkan fitur DRE pada kuartal terakhir tahun 2022. Kapasitas penyimpanan internalnya adalah 32 GB dan 64 GB tergantung dari RAM. Baterainya sendiri memiliki kapasitas 5000 mAh.

Selanjutnya adalah TWS realme Buds T100 di mana casing bagian dalam dan luar menggunakan dua warna yang kontras. realme Buds T100 dilengkapi dengan Driver Bass Dinamis 10mm dan menawarkan tiga mode EQ : Bright, Balanced, dan Bass Boost+. Sedangkan untuk gamer, dengan mengaktifkan Gaming Mode latensi akan berkurang hingga 88ms. TWS ini juga memiliki AI ENC Noise Cancellation yang akan mengurangi kebisingan.

“Musik juga tidak bisa dikesampingkan sekarang, menikmati alunan lagu kini seperti kegiatan yang sering dilakukan dalam berbagai kegiatan, salah satunya saat traveling. Untuk itu, kami perkenalkan AIoT terbaru kami dari kategori audio agar semakin banyak anak muda yang bisa merasakan musik #PastiJernih hanya dengan Rp200 ribuan saja. TWS ini menawarkan semua fitur yang dibutuhkan oleh TWS masa kini, seperti pilihan EQ Mode agar anak muda dapat menikmati musik sesuai dengan preferensinya," tambah Michonne.

realme C33 3GB+32GB dijual dengan harga Rp1.599.000 di beberapa ecommerce. Sementara realme C33 (4GB+64GB) dijual di TikTok Shop seharga Rp1.799.000. Untuk TWS realme Buds T100 akan dijual dengan harga Rp. 299.000 dengan diskon Rp.100.000 pada early bird sale.

Mencoba kamera dengan CHDR

Tentu saja tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba kamera dari realme C33. Sayang memang, koneksi WiFi pada tempat acara tidak terlalu kencang sehingga saya kesulitan dalam memasang aplikasi benchmark. Jadi, satu-satunya yang bisa terlihat yang bisa dicoba adalah hasil kameranya. Ternyata, hasilnya cukup bagus.

Perangkat ini mampu mengambil gambar dengan resolusi 12,5 MP yang menggunakan teknologi TetraCell. Untuk sebuah perangkat dengan harga di bawah 2 juta, kamera yang dibawa memang cukup baik untuk digunakan di siang hari. Namun pada warna gelap, cukup terlihat adanya noise. Sayangnya, saya belum bisa mencobanya saat dalam kondisi cahaya yang rendah.

Berikut adalah hasil tangkapan kamera belakang dan depan dari realme C33.