6 March 2015

by Oki Rosgani

Smartphone Meizu MX4 Ubuntu OS Ini Siap Melenggang ke Pasaran Bulan April?

BQ Mobile telah didapuk untuk menjadi partner Canonical dalam merilis smartphone Ubuntu, namun sayang, penjualannya masih dilakukan di kawasan Eropa. Meski demikian smartphone ini mendapat sambutan yang cukup antusias dari pengguna.

Melalui produknya BQ Aquarius 4.5, produk besutan perusahaan Prancis ini telah menjadi smartphone Ubuntu pertama yang hadir di pasaran.

Selain BQ Mobile, pihak Canonical sebenarnya telah memiliki partner lain, bahkan vendor ini sebelumnya sering disebut-sebut sebagai vendor yang juga akan menjadi penyedia hardware untuk smartphone Ubuntu sejak awal-awal kemuculan OS Ubuntu untuk smartphone ini, vendor tersebut adalah Meizu.

Produsen smartphone ini bahkan telah memiliki purwarupa smartphone Ubuntu Touch sejak Canonical pertama kali menggulirkan OS ini ke publik.

Info Menarik:BlackBerry Leap, ‘Lompatan’ Smartphone BlackBerry untuk Pasar Kelas Menengah

Pada perhelatan Mobile World Congress 2015 yang berlangsung di Barcelona kemarin, Meizu telah memperlihatkan smartphone Ubuntu yang dibesutnya itu melalui produk Meizu MX4 Ubuntu Edition.

Meizu MX4 sendiri sebenarnya bukanlah barang baru, karena ia telah hadir dipasar Tiongkok sebagai smartphone unggulan yang berjalan dengan platformAndroid. Namun versi teranyarnya telah dimodifikasi hingga bisa menjalankan Ubuntu Touch atau Ubuntu Phone.

Meizu dengan Ubuntu for Phone - foto DigitalTrends

Karena ia terlahir sebagai smartphone premium, tak heran jika tampilan smartphone ini memang terlihat manis dan ciamik serta memiliki spesifikasi yang cukup bertenaga, Diotaki dengan prosesor MediaTek MT6595 SoC (System on Chip) octa-core dengan konfigurasi big.LITTLE yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A17 berkecepatan 2.2GHz yang berfungsi untuk menangani  tugas berat dan chipset quad-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,7GHz untuk menangani tugas ringan, serta memiliki kemampuan dalam menghemat baterai.

Smartphone Meizu MX4 memiliki bentang layar 5.36 inci dengan resolusi 1920 x 1152 piksel yang dilindungi oleh kaca Gorilla Glass 3 yang dipadu dengan dukungan chipset grafis PowerVR G6200 quad-core besutan Imagination Technologies, dengan komponen ini, smartphone Meizu MX4 tidak memiliki kendala saat menjalankan game-game terkini ataupun merekam dan menampilkan video Ultra HD dan 4K.

Info menarik: Sensor Sidik Jari Ini Empat Kali Lipat Lebih Akurat Ketimbang Touch ID

Bagian lain yang menurut kami menarik ada pada kamera bagian belakangnya, pihak Meizu telah menyematkan kemampuan kamera 20,7 megapiksel yang dilengkapi dengan fitur autofocus serta memiliki dua buah lampu kilat LED.

Komponen kamera di bagian belakang ini mengandalkan modul Sony Exmor RS yang banyak digunakan pada beberapa smartphone premium saat ini. Sedangkan untuk kamera di bagian depannya, ia memiliki kemampuan kamera 2 megapiksel yang dapat digunakan untuk melakukan video calling atau foto selfie.

Berdasarkan informasi yang kami lansir dari situs DigitalTrends, beberapa detail tentang disribusi serta bagaimana OS akan diinstal dan siapa yang bertanggung jawab masih dalam tahap pengembangan. Namun demikian diperkirakan Meizu MX4 Ubuntu Edition dapat dijual pada bulan April mendatang dengan perkiraan harga tidak lebih dari US$350 per unitnya.

Pihak Meizu juga akan menjual smartphone ini ke semua wilayah di seluruh dunia, tidak seperti BQ Mobile yang hanya memasarkan produknya untuk kawasan Eropa saja.

Sumber: DigitalTrends, Softpedia, Engadget | Gambar Header: Meizu.