Dark
Light

Smartphone Huawei Jadi yang Pertama Mengadopsi Sistem Operasi Baru Google, Fuchsia OS?

1 min read
November 26, 2018
Logo Fuchsia OS
Logo Fuchsia OS

Dua tahun silam, Google diberitakan memulai proyek pengembangan sistem operasi baru bernama Fuchsia OS. Setahun setelahnya antarmuka OS tersebut mulai merebak di dunia maya, memperlihat kemiripannya dengan Android meskipun disebut tak benar-benar sama.

Setelah bocoran itu, Fuchsia OS seperti lenyap dari bumi. Tak banyak pemberitaan yang bisa dijumpa, tetapi sejumlah media mengatakan Google masih mengerjakan OS ini dan tengah bersiap untuk melakukan debut.

Kini, di situs kolaborasi online Gerrit muncul barisan kode yang mengungkapkan bahwa Fuchsia OS tengah diuji untuk berjalan di perangkat buatan Huawei, tepatnya Honor Play, smartphone keluaran baru yang mengemas chipset Kirin 970. Chipset Kirin 970 sendiri merupakan prosesor kelas atas yang menjadi dapur pacu di sejumlah perangkat flaghsip, seperti Mate 10 dan P20.

Menemukan brand Huawei dalam pemberitaan Fuchsia OS bukanlah hal mengejutkan. Pasalnya, Huawei dan Google memiliki hubungan bisnis yang sangat baik. Pabrikan asal Tiongkok ini pernah digandeng oleh Google untuk meracik smartphone seri Nexus 6P yang cukup sukses di pasaran. Hanya saja, di seri Nexus ini Google dan Huawei sepakat menggunakan chipset Snapdragon buatan Qualcomm. Lebih lanjut, insinyur Huawei juga disebut berkontribusi pada kode proyek Fuchsia beberapa kali selama setahun terakhir, tetapi tidak secara signifikan.

Dalam sebuah postingan, seorang insinyur dari Huawei secara langsung mengungkapkan bahwa pihaknya sedang bekerja untuk membuat OS yang baru berjalan mulus di perangkat ber-prosesor Kirin 970, dimulai dengan smartphone Honor Play.

“Booted Zircon di Kirin 970 menggunakan perangkat Honor Play.”

fuchsia-huawei-honor-play

Sebagai informasi, bahwa “Zircon” adalah platform inti yang menggerakkan Fuchsia OS.

Sumber berita 9to5Google.

Previous Story

HTC Sedang Kembangkan Perangkat Bernama Vive Cosmos

GFG to be Rocket Internet's latest tech company to IPO
Next Story

Zalora’s Parent Company Looks for IPO Early Next Year

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Fitur-Baru-Apple-iPhone-16-dan-iPhone-16-Plus,-Harga-dan-Perbedaannya

Fitur Baru Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Harga dan Perbedaannya

Sudah lama dinanti, akhirnya teka-teki seputar iPhone generasi terbaru terjawab
Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius