22 September 2022

by Dimas Galih W.

Smartphone ASUS ROG 6 Resmi Luncur, Pertama di Indonesia dengan Snapdragon 8+ Gen 1

Generasi terbaru smartphone gaming ASUS RPG Phone 6 sudah hadir secara resmi di Jakarta

berselang lebih dari 1 tahun semenjak peluncuran ROG 5, akhirnya ASUS mengeluarkan sang penerusnya. Smartphone gaming yang dimaksud tentu saja ASUS ROG 6 yang memiliki spesifikasi lebih tinggi jika dibandingkan sang pendahulunya. Perangkat ini diluncurkan pada tanggal 21 September 2022 yang bertempat di ballroom hotel Pullman Central Park.

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia mengatakan: “ASUS ROG Phone 6 Series adalah inkarnasi sang legenda ponsel gaming yang tak tertandingi di dunia dengan performa yang jauh lebih ‘buas’ ketimbang pendahulunya. Semua dimungkinkan oleh ‘ramuan jitu’ antara performa Snapdragon 8+ Gen 1 Mobile Platform yang luar biasa, dengan sistem pendinginan terbaru untuk permainan tanpa batas, layar 165Hz untuk visualisasi yang revolusioner, dan baterai besar 6.000mAh untuk gameplay lebih lama kapan saja dan di mana saja. Inilah momentum yang ditunggu-tunggu oleh para gamer Indonesia yang sudah tak sabar merasakan pengalaman gaming yang luar biasa melalui ponsel ini.” 

ASUSROG Phone 6 Series memakai layar AMOLED HDR10+ seluas 6,78 inci buatan Samsung. Layar ini sudah diproteksi dan diperkuat dengan Corning Gorilla Glass Victus sehingga lebih kuat terhadap goresan. Mata pengguna juga akan terlindungi berkat teknologi Eye Care Display. Refresh rate perangkat ini mencapai 165 Hz dengan touch-sampling rate hingga 720 Hz dan latensi sentuh 23 ms.

Smartphone seri pro memiliki layar pada bagian belakangnya yang dinamakan ROG Vision dengan panel AMOLED. Dengan dimensi 2 inci akan menampilkan animasi yang dapat disesuaikan untuk beberapa skenario, seperti: panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, memasuki mode X, dan sebagainya. Pengguna bisa memilih animasi tertentu untuk menggambarkan skenario tertentu, seperti Mode X, layar aktif, panggilan masuk, dan lainnya. ASUS juga sudah menambahkan 60 animasi baru ke ROG Phone 6 Pro.

Seri 6 ini menggunakan SoC Snapdragon 8+ Gen 1 yang diproduksi pada pabrik TSMC dengan kecepaatan tertinggi 3,2 GHz. GPU yang digunakan adalah Adreno 730. RAM yang terpasang berjenis LPDDR5 dengan kapasitas dari 8 GB hingga 18 GB. Untuk penyimpanannya, ASUS memberikan dengan kapasitas 256 hingga 51`2 GB dengan teknologi UFS 3.1.

ROG Phone 6 Series sudah diperkuat teknologi AirTrigger 6 terbaru yang menawarkan sensitivitas yang lebih baik, pemosisian yang lebih baik, dan lebih banyak kontrol gerak. Teknologi ini dilengkapi hingga 18 titik sentuh spesifik yang dipetakan pada layar (dengan AeroActive Cooler 6 terpasang). Hal baru di AirTrigger adalah fitur Tekan & Kiri yang memungkinkan pengguna untuk memetakan tindakan yang berbeda saat menekan tombol pengaktif ultrasonik dan tindakan yang berbeda saat mengangkat jari dari tombol.

Smartphone ini hadir dengan tiga kamera belakang, di mana kamera utamanya di belakang mengandalkan sensor SONY IMX766 50MP. terdapat pula dua Speaker Super Linear 5-magnet 12x16 simetris yang didukung oleh amplifier mono Cirrus Logic CS35L45. ASUS membuat ROG Phone 6 Series dengan desain MMT yang unik, yang terdiri dari dua baterai 3000 mAh dan dapat diisi dengan daya 65 watt.

ROG Phone 6 Series sudah tersedia di Indonesia dan dapat dipesan melalui sistem pre-order. ROG Phone 6 tersedia dengan harga Rp.10.999.000 untuk varian 8GB/256GB dan Rp. 13.999.000 untuk varian 12GB/256GB serta ROG Phone 6 Pro untuk varian 18GB/512GB dengan harga Rp18.999.000. 

ASUS juga sudah mengadakan consumer launch yang diadakan pada Central Park Mall pada tanggal yang sama. Konsumen bisa datang untuk melakukan pre-order pada acara ini hingga tanggal 26 September 2022. Tentunya akan banyak acara yang diadakan di sana dan beberapa promo yang ditawarkan, seperti bonus Aero Active Cooler 6 gratis.