Dark
Light

IDC: Pengiriman Smartphone 4G ke Indonesia Langkahi 3G

1 min read
May 23, 2016

Penyerapan perangkat berteknologi 4G LTE di Indonesia menunjukkan prospek yang menggembirakan. Menurut keterangan IDC Indonesia seperti dilansir oleh CNNIndonesia jumlah pengiriman smartphone 4G LTE telah melampui jumlah pengiriman ponsel pintar 3G hanya di kuartal pertama 2016.

IDC mencatat ada 6,5 juta unit smartphone yang dikirim ke Indonesia, di mana 3,3 juta di antaranya adalah smartphone berteknologi 4G atau 52% dari total jumlah pengapalan di kuartal pertama tahun 2016.

IDC menyoroti beberapa faktor penting yang mendorong penyerapan teknologi 4G LTE di Indonesia. Yang pertama adalah faktor harga, di mana brandbrand ternama seperti Lenovo, Samsung dan Oppo secara aktif menjajakan smartphone 4G dalam rentang harga $100 hingga $150 yang relatif terjangkau untuk pasar tanah air. ID sendiri menyebut rata-rata harga jual ponsel 4G LTE ada di kisaran $141, tumbuh pesat dibandingkan kuartal ke empat 2015 dengan harga rata-rata di $111.

Faktor kedua adalah penetrasi yang dilakukan oleh vendor ponsel pintar 4G dalam negeri dan juga tak kalah penting adalah ketersediaan jaringan 4G LTE yang dihadirkan oleh sejumlah operator telekomunikasi di Indonesia.

Seperti di banyak analisis, ID juga mendapati Samsung sebagai penguasa pasar smartphone di tanah air dengan besaran 33%. Berbekal mo smartphone dal finansial yang kuat, Samsung secara efektif mendorong promosi secara besar-besaran, pake bundel yang terjangkau dan penawaran cashback.

Brand asal Tiongkok juga punya posisi yang nyaman dan berhasil mengalahkan brand lokal, di mana total produk smartphone asal Tiongkok di kuartal pertama 2016 meningkat menjadi 23% dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 21% dan 12% di tahun sebelumnya.

Bukan Xiaomi ataupun Lenovo, melainkan Oppo yang sukses mempertahankan posisi teratas di rantai persaingan sesama brand asal Tiongkok.  Lenovo juga punya pergerakan kuat dengan strategi marketing yang cukup efektif, mereka menggandeng enam retailer di Indonesia untuk memasarkan produk-produk unggulannya.

Secara keseluruhan, IDC menempatkan lima vendor di daftar lima besar penguasa pasar smartphone di Indonesia secara acak. Mereka adalah Samsung, Oppo, Asus, Advan dan Evercoss.

Sumber gambar header YouTube.

Previous Story

Google Permak Hasil Pencarian di Perangkat Mobile Jadi Lebih Visual

Next Story

Smartphone Project Ara Akhirnya Siap Melenggang dalam Waktu Dekat

Latest from Blog