MSC 2023 Umumkan Pembagian Slot Turnamen, Tidak Lagi Fokus di Asia Tenggara

Sekarang MSC 2023 membawa format baru dan mengundang tim-tim dari berbagai regional

Moonton memiliki berbagai banyak rangkaian turnamen, salah satunya adalah Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) 2023, yang kini bersiap memasuki fase kualifikasi. Benar, para tim yang bertanding di turnamen tersebut merupakan tim kuat yang lolos dari kualifikasi atau juara di masing-masing MPL.

Ada perubahan drastis untuk turnamen MSC 2023 kali ini, yaitu dari pembagian slot turnamen. Hal ini merujuk pada post resmi di Instagram @mlbbesports_official yang memberikan jumlah pembagian slot turnamen di MSC 2023.

Benar, terlihat bahwa ada pembagian slot untuk tim-tim yang berada di luar regional Asia Tenggara.

Langkah ini cukup mengejutkan mengingat MSC 2023 bisa dibilang turnamen khusus untuk regional Asia Tenggara, namun Moonton memutuskan untuk mengundang tim di luar regional Asia Tenggara dari fase kualifikasi.

Sumber: Instagram @mlbbesports_official

Terlihat bahwa ada regional lain seperti MPL MENA, NA Challenger Tournament, Myanmar Qualifier, Mekong Qualifier, hingga MLBB Turkey Championship. Keputusan ini dibuat Moonton untuk membuka ruang kompetisi seluas-luasnya dan berupaya mengembangkan level kompetitif dari masing-masing regional.

Karena tim-tim Mobile Legends dari Asia Tenggara lebih berkembang dibandingkan regional lain, menjadi menarik ketika kini regional lain bisa bertarung dengan regional Asia Tenggara.

“Transisi untuk Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup menjadi turnamen global pertengahan musim telah direncanakan untuk beberapa waktu, dan tahun ini adalah awal yang baik untuk memulai transisi tersebut,” ujar Sophie Guo, Regional Esports Lead dari Moonton Games.

“Sejalan dengan misi kami – Esports for everyone; kami ingin memberikan lebih banyak peluang kepada daerah-daerah pemula ini untuk bersaing di tingkat internasional dan secara bertahap akan meningkatkan model turnamen di masa mendatang," tambahnya.

Sumber: Instagram @mlbbesports_official

Setidaknya akan ada 12 pembagian slot turnamen di MSC 2023 mendatang, dengan detail sebagai berikut:

  1. MPL ID Champion
  2. MPL ID Runner-up
  3. MPL PH Champion
  4. MPL PH Runner-up
  5. MPL MY Champion
  6. MPL SG Champion
  7. MPL KH Champion
  8. Mekong Qualifier Champion
  9. Myanmar Qualifier Champion
  10. North America Challenger Champion
  11. MPL MENA Champion
  12. MLBB Turkey Champion

Group Stage MSC 2023 sendiri akan bergulir pada 10 – 13 Juni dan disusul dengan fase Knockout Stage pada 15 – 17 Juni. Pertandingan Grand Final dan pertanding juara ketiga akan diselenggarakan pada 18 Juni 2023.