Dark
Light

Skype for Web di Microsoft Edge Kini Tak Butuh Plugin

1 min read
April 18, 2016

Skype yang kita tahu telah berkembang dari sebuah layanan panggilan video untuk perangkat desktop dan mobile menjadi layanan komunikasi lengkap yang tersedia hampir di seluruh medium. Kini Skype tersedia langsung dalam versi web sekaligus di dalam layanan lain seperti Office Online.

Namun baru-baru ini tim pengembang Skype berhasil menempuh suatu pencapaian baru, dimana Skype for Web sekarang sudah tidak memerlukan plugin sama sekali, dengan catatan pengguna memakai browser Microsoft Edge.

Kolaborasi langsung antara tim pengembang Skype dan Microsoft Edge menjadikan kemudahan ini terealisasi. Sebelum ini, pengguna Skype for Web harus terlebih dulu mengunduh dan meng-install sebuah plugin khusus untuk bisa memulai panggilan video lewat browser, namun sekarang tidak lagi.

Hal ini berarti pengguna bisa langsung masuk menggunakan akun Skype-nya dan mulai bercakap-cakap dengan rekannya lewat browser Microsoft Edge. Syarat lain yang harus dipenuhi adalah, lawan bicaranya harus memakai Skype for Web di Microsoft Edge, atau dengan versi terbaru Skype untuk Windows atau Mac.

Update terbaru ini sepintas bisa menimbulkan kesan bahwa Microsoft sedikit egois. Namun pada kenyataannya, mereka berkomitmen untuk menghadirkan Skype for Web tanpa plugin ke semua browser modern, termasuk Chrome dan Firefox. Pun begitu tentu saja harus ada campur tangan dari masing-masing tim pengembang.

Mengingat fitur ini masih dalam tahap Preview, ada sejumlah fitur yang masih membutuhkan plugin, yaitu Screen Sharing dan melakukan panggilan ke pesawat telepon standar. Lebih lanjut, seandainya lawan bicara tak menggunakan versi terbaru aplikasi Skype, Anda masih akan diminta untuk meng-install plugin.

Sumber: Skype Blog.

Previous Story

Huawei Y3 II dan Y5 II Nongol di Situs Resmi

Next Story

Rumor Yakini Samsung Bakal Punya Seri Baru, Galaxy C

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft 365 Copilot Rilis Update Terbaru, Tawarkan Sistem AI yang Lebih Terintegrasi

Keseriusan Microsoft untuk mengembangkan sistem AI Copilot terus dibuktikan lewat

GoTo Gandeng Microsoft Dukung Produktivitas Tim Engineer Lewat GitHub Copilot

GoTo Group, salah satu ekosistem digital terbesar di Indonesia, telah