22 October 2022

by Yubian Asfar

VALORANT Ungkap Harbor, Agent Baru Bertipe Controller dengan Skill Pengendali Air

Setelah sebelumnya menghadirkan Agent bertipe Duelist dan Initiator, Riot kali ini menambah jumlah Agent tipe Controller

VALORANT sebagai salah satu game terlaris besutan Riot Games resmi merilis Agent baru bernama Harbor. Seperti seri perilisan sebelumnya, setiap Agent dari VALORANT selalu mewakili suatu negara, dan Harbor adalah Agent yang mewakili India.

Kekuatan yang dipegang oleh Harbor ada pada artefak kuno yang mengeluarkan kemampuan untuk mengatur atau mengontrol air. Berbagai macam variasi juga bisa dibuat dengan air miliknya seperti perisai, gelombang laut, sekaligus menjaga pandangan.

Dari sisi kelas sendiri, Harbor akan mengisi posisi Controller yang sebelumnya diisi oleh beberapa nama Agent, sebut saja Omen, Viper, Brimstone, dan lain sebagainya.

Apa saja kemampuan yang bisa dikeluarkan oleh Harbor? Mampukah ultimate skill miliknya mengubah jalannya alur peperangan?

Skill Harbor VALORANT: Controller dengan Gaya Pengendali Air

Harbor memang menjadi Controller terbaru, mengingat Agent terakhir dari VALORANT merupakan seorang Sentinel dan Initiator. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan oleh Harbor untuk berkontribusi memenangkan pertandingan?

Skill 1 High Tide (E)

Bila Anda kerap memainkan Viper, rasanya skill milik Harbor yang satu ini bakal jadi hal yang sangat familier. Benar, Harbor siap memberikan dinding air yang tinggi untuk menghalangi pandangan lawan.

High Tide sendiri memiliki campuran karakteristik yang khas antara Viper dan Phoenix, yaitu bisa dihentikan dan diatur jalurnya sesuai keinginan. Meski begitu, High Tide memiliki cooldown yang lama, yakni 40 detik.

Selain itu, dinding air hanya bertahan selama 15 detik, sehingga bila dikurangi waktu cooldown maka Anda baru bisa kembali menggunakannya dengan jeda 25 detik.

Skill 2 Cove (Q)

Gunakan artefak khusus untuk membentuk pusaran air di area yang Anda inginkan. Selain menghalangi pandangan, Cove juga mampu menahan peluru, yang akan sangat berguna bila melakukan defuse spike.

Meski kebal peluru, Cove tidak bisa melindungi dari serangan skill lain seperti Snake Bite dari Viper atau Shock Bolt dari Sova. Cove juga bisa kehilangan kekuatan perlindungannya apabila lapisan emasnya hilang dan menjadi skillsmoke biasa.

Skill 3 Cascade (C)

Melepas ombak laut yang ganas ke area depan; para lawan yang terkena skill ini akan mendapatkan efek slow. Selain itu, Anda juga bisa menekan kembali tombol skill untuk menghentikan ombak.

Cascade akan menargetkan bagian depan dan bisa menyesuaikan dengan jalur yang ada seperti dinding dan lain sebagainya. Skill ini sangat berguna ketika tim Anda ingin masuk ke site untuk melakukan plant spike atau sekadar melakukan retake site.

Meski begitu, skill Cascade tidak menghalangi serangan peluru, sehingga Anda perlu berhati-hati bila melakukan rush ke suatu tempat.

Ultimate Skill Reckoning (X)

Menggunakan kekuatan penuh dari artefak yang dimiliki oleh Harbor untuk membentuk kolam geiser besar di area map. Setiap pemain yang berada di area geiser akan menerima efek buram atau concussed.

Skill dari Reckoning ini sangat serupa dengan Rolling Thunder milik Breach atau Nightfall milik Fade. Sebagai tambahan, lawan yang terkena efek skill Reckoning akan memiliki warna emas dan ungu di area kepalanya sebagai penanda lokasi lawan, bahkan meski berada di belakang objek.