1 February 2023

by Dimas Galih W.

SK Hynix Luncurkan LPDDR5T, Lebih Kencang dari LPDDR5X untuk Mobile

Smartphone dengan RAM LPDDR5X sudah kencang, namun bakal lebih kencang lagi setelah menggunakan teknologi terbari dari SK Hynix ini.

Apakah perangkat smartphone Anda saat ini sudah menggunakan LPDDR5X? Tentu saja perangkat tersebut merupakan salah satu yang terkencang saat ini. Hal tersebut dikarenakan RAM LPDDR5X memiliki bandwidth hingga 8,5 Gbps saat diproduksi oleh Samsung. Padahal, LPDDR5 sendiri memiliki bandwidth yang "hanya" 6,4 Gbps saja.

Baru-baru ini, SK Hynix mengumumkan bahwa mereka telah memiliki modul RAM untuk perangkat mobile yang lebih kencang. Produk yang mereka kembangkan memiliki nama LPDDR5T atau Low Power Double Data Rate 5 Turbo. Dibandingkan dengan LPDDR5X, modul RAM yang satu ini bahkan bisa mencapai 9,6 Gbps atau 13% lebih kencang dari LPDDR5X.

RAM LPDDR5T beroperasi dengan voltasi yang sangat rendah, yaitu 1,01 hingga 1,12V. Standarisasi ini sendiri merupakan penetapan dari JEDEC (Joint Electron Device Engineering Council) yang terdiri dari berbagai produsen ternama di dunia. Dengan voltase yang rendah tersebut, tentu saja RAM ini akan cocok dipakai untuk sebuah smartphone.

SK Hynix mengatakan bahwa pihaknya mendorong teknologi ini 2 bulan setelah peluncuran LPDDR5X pada bulan November 2022 lalu. Pihaknya juga sudah memberi sampel paket multi-chip dengan kapasitas 16 GB kepada para pelanggannya. Produk tersebut ternyata mampu memproses 77 GB data perdetik. Hal ini setara dengan menyalin 15 video Full HD dalam 1 detik.

Produsen asal Korea selatan ini berencana untuk memulai produksi masal LPDDR5T ini dengan menggunakan teknologi 1anm. Proses ini merupakan generasi ke 4 dari teknologi 10 nm. Produksinya sendiri akan dimulai pada semester ke 2 tahun ini.

Produksi dari LPDDR5T akan menggunakan proses HKMG atau High-K Metal Gate. HKMG sendiri dikenal dapat mengurangi konsumsi daya sambil meningkatkan kecepatan serta mencegah kebocoran arus. SK Hynix sendiri menggunakan HKMG pada saat memproduksi LPDDR5X di tahun 2022 lalu.

Penerapan dari LPDDR5T diharapkan oleh SK Hynix untuk bisa lebih dikembangkan pada beberapa produk. Hal tersebut misalnya untuk AI, machine learning, serta augmented dan virtual reality. Di samping itu, tentu saja diharapkan akan dipakai pada smartphone flagship pada generasi berikutnya.

Oleh karena produksi masal akan dimulai pada paruh ke 2 tahun 2023, kita bisa berharap smartphone premium yang bakal meluncur di akhir tahun 2023 dan seterusnya bisa memakai RAM ini.

Sumber: SK Hynix